Beranda Headline Geledah Lapas Klas IIA Karawang, BNN Dapati Tujuh Napi Positif Narkoba

Geledah Lapas Klas IIA Karawang, BNN Dapati Tujuh Napi Positif Narkoba

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Tujuh narapidana di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Klas IIA Kabupaten Karawang terindikasi positif menggunakan narkoba di dalam penjara.

Hal tersebut diketahui setelah BNN (Badan Narkotika Nasional) Karawang bekerja sama dengan Sat Narkoba Polres Karawang menggeledah Lapas Klas IIA, Jalan Surotokunto, Karawang, Rabu (18/12).

Kasat Narkoba Polres Karawang AKP Agus Susanto mengatakan, pemeriksaan narkoba dilakukan lewat tes urine. 50 napi yang dijadikan sampling, diambil dari perwakilan masing-masing blok.

“Kami tidak menemukan narkoba atau alat isap seperti bong dan lainnya. Yang jelas tujuh orang rata-rata positif amphetamine, terindikasi sabu,” kata Agus.

Soal penggunaan narkoba di dalam lapas, Agus belum bisa menetapkan tersangka. “Nanti kami periksa dulu,” katanya singkat.

Kalapas Karawang Iskandar Irianto Basuki menuturkan, petugas tidak menemukan benda aneh dan mencurigakan di dalam Lapas. “Tidak ada ponsel atau uang,” katanya.

Tidak berapa lama, seorang petugas datang dan menunjukkan barang-barang yang disita dari tahanan. Ada gunting, sikat gigi, dan cutter.

Penggeledahan dilakukan selama sekitar tiga jam. Iskandar mengatakan, operasi ini dilakukan secara tertutup karena mempertimbangkan keamanan.

Wartawan dilarang masuk dan mendokumentasikan penggeledahan. Awak media hanya boleh berada di sekitar ruang penerima tamu. Tidak boleh masuk ke area tahanan. (fzy/dhi)