Beranda Regional H+6 Lebaran, Pemohon Kartu Kuning Meningkat

H+6 Lebaran, Pemohon Kartu Kuning Meningkat

Minggu pertama kerja pasca libur lebaran 2021, sejumlah kecamatan di Kabupaten Karawang disibukkan pelayanan pengajuan kartu AK1 atau biasa disebut kartu kuning.

Di Kecamatan Telagasari misalnya, arus pelayanan terlihat didominasi oleh pemohon baru untuk mengajukan pembuatan kartu kuning.

“Kalau untuk pengajuan KTP atau KK sedikit. Banyaknya pengajuan kartu kuning,” ungkap Sekretaris Kecamatan Telagasari, Deden Ramli, Rabu (19/5/2021).

Hal itu, kata Deden, lantaran banyaknya lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin mencari pekerjaan. Terlebih, saat ini ada angkatan kerja yang baru lulus SMA/SMK sederajat tahun 2021.

“Sehari bisa sampai 20-an pemohon,” sebutnya.

Senada, Sekretaris Kecamatan Purwasari, Syahrul Hafiz mengatakan, pemohon baru untuk membuat kartu kuning dari hari ke hari makin ramai.

“Kalau habis libur lebaran begini kan biasanya banyak lowongan di perusahaan, makanya banyaknya pengajuan kartu kuning.”

“Alhamdulillah semuanya terlayani dengan baik,” sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Majalaya, Hesti Rahayu menyebut pengajuan dokumen kependudukan maupun kartu AK1 terhitung sedikit.

“Paling sehari cuma 3 sampai 5 pemohon,” ujarnya.

Justru, kata dia, pelayanan di tempatnya lebih terfokus ke layanan vaksinasi bagi lansia.

“Ramainya karena lansia yang jadwal vaksin, karena kita penempatannya kan di kantor kecamatan, bukan di puskesmas atau desa,” terang Hesti.

Ia menuturkan, pelayanan vaksinasi di wilayahnya bahkan sudah dimulai sejak hari pertama kerja. “Kita sudah mulai lagi setelah libur lebaran supaya target vaksinasi ini bisa tercapai seluruhnya,” jelasnya. (kie)

Artikel sebelumnyaAntisipasi Kasus Covid-19 Meningkat Pasca Lebaran, Purwakarta Perkuat Tracing
Artikel selanjutnyaKomisi I DPRD Karawang Kunjungi Disdukcapil, Minta Efektivitas Pelayanan