Beranda Regional Hadiah Umroh, Lomba PNS Teladan di Karawang Tidak Diminati

Hadiah Umroh, Lomba PNS Teladan di Karawang Tidak Diminati

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Lomba PNS teladan tingkat Kabupaten Karawang sepi peminat. Dari 32 satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang hanya baru 4 SKPD yang berpartisipasi.

Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang pun melakukan perpanjangan pendaftaran hingga tanggal 17 Agustus mendatang.

“Sosialisasi kita lakukan menyeluruh dan terus menerus. Tapi, tidak semua SKPD ikut. Mungkin karena kesibukan mereka sehingga tidak menyempatkan waktu untuk mengurus persyaratannya, terutama dalam membuat surat pernyataan bebas narkoba dari BNNK,” ujar Kepala Bidang Kesejahteraan, Disiplin Pegawai dan Kepangkatan BKPSDM Kabupaten Karawang, Dudi Alexandri.

Dudi menyayangkan sepinya peminat lomba tersebut. Padahal lanjutnya, ajang lomba Pegawai Negeri Sipil (PNS) berprestasi ini dapat sangat bermanfaat untuk para PNS ini menunjukan prestasinya terutama bagi mereka PNS yang ikut dalam lomba kategori PNS inovatif dan memberikan motivasi yang baik untuk PNS yang lain.

“Selain tentunya, panitia juga sudah menyiapkan hadiah yang menggiurkan. Yaitu umroh,”ujarnya.

Dikatakan Dudi kepada Koran Berita kemarin, bahwa program PNS Berprestasi ini nantinya akan menjadi program tahunan BKPSDM dalam menyambut HUT Karawang, dan kegiatan ini adalah kegiatan perdana yang baru tahun ini dilakukan.

Ia mengungkapkan, dari 32 SKPD yang ada hanya ada 7 orang Pendaftar. Dua orang dari Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang dengan rincian satu untuk seleksi PNS Teladan dan satu untuk PNS Inovatif.

Kemudian dari Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan) sebanyak 2 orang pendaftar yautu satu untuk PNS Teladan dan satu untuk PNS Inovatif. Selain itu papar Dudi, ada juga dari Dinas Kesehatan sebanyak dua orang pendaftar, satu untuk PNS Teladan dan satu untuk PNS Inovatif.

“Dan dari Setda Kabupaten Karawang baru satu pendaftar yaitu untuk PNS Inovatif. Untuk lomba ini, pemenangnya akan diumumkan pada Hari Jadi Kabupaten Karawang dengan hadiah berupa piagam penghargaan dengan hadiah utama paket umroh, yang nantinya akan diberikan langsung oleh Bupati Karawang.

Kembali Dudi mengulas pemenang lomba PNS Teladan dan Inovatif ini akan melalui penilaian dari tim. Penilaian tersebut termasuk aspek kinerja, menjadi teladan di lingkungan SKPD, disiplin, visioner, prilaku baik dan inovatif. Seluruh pegawai termasuk dari BKSDM juga boleh ikut.

Ia menuturkan, penilaian lomba PNS teladan berpengaruh pada peningkatan kinerja. Artinya, dalam era Aparatur Sipil Negara (ASN), kinerja diukur dan diberikan reward serta punishment.

“Penghargaan dan sanksi. Bagi yang berprestasi dan menunjukan didedikasi pekerjaan yang tinggi, ada penghargaan dari pimpinan maupun Pemkab Karawang. Begitupula sebaliknya, bagi pelanggar aturan akan dikenakan sanksi secara berjenjang sesuai dengan tingkat kesalahannya,”pungkasnya. (nin/ds)