Beranda Regional Hari Ini Empat Tahun Lalu, Jokowi Deklarasi Capres di Rumah Si Pitung

Hari Ini Empat Tahun Lalu, Jokowi Deklarasi Capres di Rumah Si Pitung

JAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Tepat empat tahun lalu, 14 Maret 2014, Joko Widodo mendeklarasikan diri sebagai calon presiden dalam pemilihan presiden 2014.

Hari itu momen bersejarah bagi Jokowi dan PDI Perjuangan menghadapi Pilpres. Ada dua peristiwa penting pada saat itu, yakni pemberian mandat dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri kepada Jokowi sebagai capres dan deklarasi mantan Gubernur DKI tersebut.

Awalnya, sekitar pukul 10.30 WIB, Jokowi selaku Gubernur DKI Jakarta bertolak dari Balaikota menuju daerah Marunda, Jakarta Utara.

Di sana, Jokowi yang mengenakan baju putih dengan sarung merah menggantung di leher dan peci hitam di kepala langsung menuju Masjid Al Salam untuk menunaikan ibadah shalat Jumat.

Sebenarnya, sudah santer di kalangan wartawan kala itu bahwa Jokowi akan menyatakan kesiapannya untuk menjadi calon presiden.

Namun, wartawan tidak mengetahui detail prosesnya. Sebelumnya, Jokowi tak pernah mau menjawab saat ditanya soal capres.

Di sela-sela blusukan, Jokowi mengaku kepada wartawan ada perasaan aneh. “Perasaan saya hari ini ada yang aneh,” ujar Jokowi.

Wartawan kemudian bertanya, perasaan aneh macam apa yang tengah dirasakannya? “Ya, aneh, perasaan saya banyak media yang ngikutin saya. Ada bule segala lagi,” ujar Jokowi.

Seusai shalat, Jokowi berkeliling ke permukiman di belakang masjid. Tak hanya itu, Jokowi sempat berjalan di tepi pantai Marunda.

Pada blusukan kali ini, hampir semua wartawan dari media massa elektronik mengikutinya. Hal ini memang berbeda dari biasanya, yang ikut hanya media-media tertentu saja.

Adapun untuk media dari negara asing yang ikut ialah wartawan dari Al Jazeerah. Jelang pukul 14.00 WIB, Jokowi menghentikan langkahnya di situs bersejarah, rumah si Pitung.

Di rumah tersebut Jokowi membagi-bagikan buku kepada anak-anak di sekitar rumah itu. Rupanya, di tempat bersejarah itu lah deklarasi dilakukan.

Tiba-tiba, sekitar pukul 14.45 WIB, Jokowi menyatakan akan melakukan deklarasi capres. Dia mengaku sudah mendapat mandat dari Megawati untuk maju Pilpres 2014.(KB)