Beranda Regional Hari Kemerdekaan, Warga Karawang Minta Barugbug Bebas Pencemaran Limbah

Hari Kemerdekaan, Warga Karawang Minta Barugbug Bebas Pencemaran Limbah

JATISARI, TVBERITA.CO.ID- Momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 Tahun harus dijadikan pijakan kemerdekaan berbagai sektor kehidupan bagi masyarakat di Kecamatan Jatisari. 
Terlebih bebasnya masyarakat dari aliran air limbah Bendung Barugbug yang selama ini membuat masyarakat dan petani Kecamatan Jatisari menderita menghirup udara tidak sedap. 
 
Menurut H.Dedi Sumarya, SH Ketua Pimpinan Kecamatan(PK) Partai Golkar Kecamatan Jatisari. Bahwa memaknai hari kemerdekaan RI dalam kontek kekinian yakni bebasnya masyarakat dari bentuk penindasan. Apalagi pencemaran lingkungan air Bendung Barugbug. Sudah lama dirasakan oleh masyarakat Kecamatan Jatisari. 
 
“Masyarakat dan Petani Jatisari yakni enam desa diantaranya Desa Barugbug, Kalijati, Situdam, Mekarsari, Cirejag dan Balonggandu harus bebas dari limbah industri yang sengaja di buang oleh perusahaan industri dari Kabupaten tetangga Karawang,”ujarnya usai ikuti upacara HUT Kemerdekaan RI di Halaman Kantor Kecamatan  Jatisari,Jumat(17/8).
 
Dikatakan Dedi Sumarya, kemeedekaan itu mempunyai makna agar warga bebas dari penderitaan. Dalam hal ini masyarakat Kecamatan Jatisari belum bebas dari aliran alir limbah yang membahayakan lingkungan. 
 
“Puluhan tahun masyarakat dan petani Jatisari menderita akibat adanya limbah industri dari aliran Sungai Cilamaya dan Ciherang Bendung Barugbug,”katanya
 
Ia meminta pada Pemerintahan Kabupaten Karawang dan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat harus mampu memerdekakan masyarakat dan petani Jatisari dari belenggu limbah industri. 
 
“Bebaskan masyarakat dan petani Jatisari dari belenggu limbah industrin yang berada di Bendung Barugbug,”pungkas Calon Anggota DPRD Daerah Pemilihan 5 Karawang.(dej/ris)