Beranda Headline Haru ! Seorang Bapak Menggantikan Wisuda Anaknya yang Telah Meninggal

Haru ! Seorang Bapak Menggantikan Wisuda Anaknya yang Telah Meninggal

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Suasana berbeda nampak saat pelaksanaan Prosesi Wisuda di hari kedua Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Rabu (18/12).

Pasalnya, aura kebahagiaan yang biasanya dirasakan saat wisudawan dipanggil satu persatu ke depan panggung untuk dilakukan prosesi pemindahan tali dari samping kiri kepala ke samping kanan kepala oleh Rektor, seketika menjadi haru saat Asep Suwarno menggantikan putranya, Agus Supriyatna, S.Kom.

Mahasiswa lulusan S1 Prodi Teknik Informatika itu merupakan putra sulung dari dua bersaudara pasangan Bapak Asep Suwarno dan Ibu Ipah.

Rencana mengikuti pelaksanaan wisuda, namun takdir berkata lain karena Agus Supriyatna yang sudah sempat mendaftar wisuda, tiba-tiba mendadak jatuh sakit dan meninggal dunia pada tanggal 19 September 2019 lalu. Hingga pada saatnya, Asep menggantikan putranya tersebut saat pelaksanaan wisuda berlangsung, termasuk prosesi pemindahan tali dan pemberian penghargaan.

“Ibunya tidak ikut hadir, karena tidak bakal kuat,” ujar Asep.

Selama hidupnya, Almarhum tinggal bersama kedua Orangtua dan adiknya di Dusun Sumedangan RT.01/01, Desa Purwadana, Kecamatan Teluk Jambe Timur. Rasa bangga sempat diungkapkan Asep atas capaian kelulusan S1 putranya meski sekarang sudah tidak bisa bersama kembali di tengah-tengah keluarga. Bahkan, cita-cita Almarhum yang sempat disampaikan kepada Orangtuanya pun kembali diingat Asep seusai menerima Ijazah putranya itu.

“Sempat punya keinginan, Dia (almarhum.Red) pengen kerja di Depag setelah lulus kuliah,” kenangnya.

Sambung masih Asep mengungkapkan, jika kepergian putranya ke tempat peristirahatan terakhirnya itu lantaran sakit secara mendadak. Pribadi yang aktif dalam berkegiatan positif putranya selalu ia dukung, termasuk saat memperingati kegiatan hari-hari besar Agama Islam.

“Aktif sekali, bahkan meninggal pun setelah mengikuti rapat teknikal meeting untuk Acara Maulid Nabi. Kepada semuanya, mohon dibukakan pintu maaf dan ziadah doa, semoga Almarhum khusnul khotimah,” pungkasnya. (nna/dhi)