Beranda Regional Heboh, Kembali Ditemukan Besi Peninggalan Belanda

Heboh, Kembali Ditemukan Besi Peninggalan Belanda

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Warga Desa Kampung Sawah Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang kembali dihebohkan dengan temuan besi tua seberat 1 ton di pinggir lapangan bola setempat, Kamis (07/12).

 

Penemuan serupa pernah terjadi tak jauh dari lokasi sekitar bulan Agustus 2017. Diduga besi tua tersebut merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda, karena tidak ada seorang pun yang tahu awal keberadaan besi tersebut.

“Benar warga kami kembali menemukan besi tua, serupa dengan penemuan sebelumnya,” terang Kepala Desa Kampung Sawah, Adi Kurniadi, Kamis (07/12).

Besi tersebut pertama kali ditemukan oleh Sailan, warga yang kebetulan sedang melakukan penggalian tanah di lokasi. Menurut keterangannya awalnya dia kaget saat menggali tanah cangkulnya mengenai benda keras. Dan ketika terus digali ternyata ada besi tua dengan ukuran besar, makanya dia segera melaporkan penemuan tersebut ke warga dan aparat desa setempat.

“Kaget aja pak, ketika cangkul saya menghantam benda keras, dan setelah diteliti ternyata ada besi ukuran besar,” kata Sailan.

Atas temuan besi tua ukuran besar tersebut, Kepala Desa Kampung Sawah pun segera melaporkannya kepada Polsek Rengasdengklok. Karena menurutnya besi temuan tersebut bukan milik warga, dan merupakan peninggalan jaman dulu.

“Ini jelas peninggalan zaman dulu, seperti bekas lokomotif, makanya kami sudah lapor Polsek tadi,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan menurut keterangan warga sekitar pada lokasi penemuan besi tersebut sebagian dulunya merupakan bekas pabrik. Tetapi dia belum bisa memastikan kebenarannya sebelum dilakukan penelitian oleh pihak kepolisian.

“Takut terjadi apa-apa lebih baik kita laporkan kepolisian saja,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Rengasdengklok, Kompol Suparno, mengatakan pihaknya memang sudah mendapat laporan adanya penemuan besi tua ukuran besar. Untuk itu pihaknya sudah menurunkan anggotanya untuk menyelidiki penemuan tersebut.

“Masih dalam penyelidikan, dari mana dan sejak kapan besi itu ada, kita tunggu saja hasil penyelidikannya,” pungkasnya.

Penemuan besi tua tersebut sempat membuat heboh para pengguna medsos yang ada di Karawang. Raden Cakra Buana, salah satu pengguna medsos mengatakan dalam statusnya besi tersebut seharusnya jangan di jual, tetapi hendaknya dlestarikan dengan dibuatkan tugu untuk memperindah desa.

“Jangan dipotongin terus dijual seperti yang kemarin, sayang kan benda tersebut termasuk antik dan bersejarah,”katanya. (yay/ds)