Beranda Regional Heru Saleh: Kompetensi Non Akademik Mulai Dapat Perhatian

Heru Saleh: Kompetensi Non Akademik Mulai Dapat Perhatian

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Kompetensi non akademik seperti Vokasi dan Ketrampilan Kewirausahaan dalam Pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan di Kabupaten Karawang mulai mendapatkan perhatian. Hal itu dibenarkan oleh Ketua Forum Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Karawang, Heru Saleh.

Heru mengungkapkan, nominal untuk peningkatan Vokasi dan keterampilan Kewirausahaan warga belajar sedang digenjot. Tapi, hal itu baru sebatas usulan. Meski demikian, pihaknya sangat berharap ajuan tersebut mendapat lampu hijau dari Pemkab.

“Pendidikan Vokasi yang diusulkan Rp2,7 juta di Tahun Ajaran (TA) 2019/2020 ini, forum PKBM juga mengusulkan sejumlah paket lainnya, seperti Kecakapan Hidup (PKH) Rp1 juta, Program Kecapaian Kerja (PKK) Rp1,8 juta dan PPNAPD (O2SN) Rp1,5 juta pertahun,” ungkap Heru saat diwawancarai, Kamis (8/9/2019) pagi.

Ia juga mengungkapkan, di tahun ini, anggaran Karawang Cerdas (Kacer) ke lembaga yang dikelola PKB itu, tidak lagi berdasarkan jumlah siswa, melainkan jumlah program. Sebab, untuk operasional, anggarannya dari Pemprov, sementara untuk keterampilan, Vokasi dan kewirausahaan ini dari Pemerintah Daerah (Pemda) yang posnya melalui Karawang cerdas ditahun ajaran 2019/2020.

Kata dia, PKBM dengan pendidikan kesetaraan dan keaksaraannya ini, ingin terus mengangkat potensi lokal, sehingga dua keuntungan bisa didapatkan para lulusannya, yaitu Ijasah dan juga keterampilan.

“Ini masih dalam tahap verifikasi usulan, anak paket punya harapan dan pilihan menentukan kompetensinya melalui program ini, mereka bisa belajar dengan waktu yang menyesuaikan, bisa 3 bulan atau juga 6 bulan,” katanya. (cr2/dhi)

Komentar Facebook