Beranda Regional HGN ke-74, Para Guru SMAN 1 Karawang Jadi Petugas Upacara

HGN ke-74, Para Guru SMAN 1 Karawang Jadi Petugas Upacara

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Ada yang istimewa pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-74 di Kabupaten Karawang Senin (25/11/2019). Jika biasanya petugas upacara dilakukan siswa, maka di SMAN 1 Karawang guru yang menjadi petugas upacaranya.

Dalam upacara itu guru menjadi petugas pengibar bendera, pembaca acara, dirijen, pembaca UU, serta pembaca doa. Meski berlatih selama tiga kali dalam waktu satu minggu, guru guru tersebut tampak luwes dan bisa memberi contoh kepada siswa bahwa guru bisa menjadi teladan.

Kepala SMAN 1 Karawang, Dwi Setiono diwakili Wakasek Lati Andriani mengatakan, pihaknya sengaja menerjunkan seluruh tenaga kependidikan mulai dari guru, staf, dan karyawan.

“Selain sebagai bentuk komitmen sebagai guru, juga bisa menjadi tauladan para anak didiknya,” kata Lati usai upacara,.

Menurutnya, melibatkan guru dan staf menjadi petugas upacara merupakan contoh bahwa tugas pendidik sangat berat karena mempunyai tanggung jawab kepada siswa.

Dikatakan Lati, hadirnya guru sebagai petugas upacara tersebut mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi para siswa untuk lebih giat belajar.

“Kami ingin menggelar peringatan Hari Guru ini dengan sederhana. Jadi kami ingin guru bisa memberikan contoh sekaligus pelajaran kepada anak didik, salah satunya dengan menjadi petugas upacara ini,” ujarnya.

Usai melaksanakan upacara, para siswa SMAN 1 Karawang secara spontan memberi bunga dan hadiah kejutan kepada para guru.

“Kami ingin peringatan HGN ini bisa jadi pemicu tenaga pendidik untuk lebih baik lagi melayani peserta didik,” ucapnya.

Setelah pelaksanaan upacara, para murid mempersembahkan berbagai macam penampilan sebagai bentuk penghargaan kepada guru guru tercinta melalui penampilan pentas seni, pemotongan tumpeng dan kue serta memberikan bunga kepada seluruh guru, caraka dan petugas kebersihan di lingkungan sekolah. Begitupun dengan guru guru, mereka juga memberikan penampilan spesial dengan bernyanyi untuk menghibur murid muridnya. (nji/dhi)