Beranda Headline Hii… Kasus Cacar Monyet Banyak Ditemukan dari Komunitas Gay, 1 Warga Karawang...

Hii… Kasus Cacar Monyet Banyak Ditemukan dari Komunitas Gay, 1 Warga Karawang Terpapar

Cacar monyet dari gay
Foto: ilustrasi cacar monyet. (Ist)

KARAWANG – Kasus cacar monyet atau monkeypox terus bertambah setiap harinya. Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Karawang menyebut  penyakit cacar monyet rata-rata disumbang dari kalangan homoseksual (gay).

Data Kemenkes RI, total pasien cacar monyet saat ini berjumlah 24 orang. Satu di antaranya merupakan warga Karawang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Raden Vini Adiani Dewi, yang menyebut ada dua warga Jawa Barat yang telah terpapar cacar monyet.

Baca juga: 12 dari 14 Pasien Cacar Monyet Idap HIV, KPAD Karawang Ingatkan Begini

Vini menyebutkan satu pasien asal Karawang itu kini tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit di Jakarta.

Sementara itu satu pasien lainnya merupakan warga Bandung yang tengah mendapatkan perawatan di RSUP Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung.

2.737 Kasus HIV di Karawang

Terpisah, Staff Program KPA Karawang, Yana Ariana menyebutkan, kasus HIV di Karawang saat ini telah mencapai angka 2.737 berdasarkan data kumulatif dari tahun 2000 hingga September 2023.

“Tetap harus berhati-hati, terutama di Karawang memang trend homoseksualnya termasuk tinggi,” ujarnya kepada tvberita.co.id pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Ia memaparkan, pada grafik kasus HIV berdasarkan jenis kelamin, tertera pengidapnya didominasi oleh laki-laki dibandingkan perempuan.

Baca juga: Kasus Cacar Monyet Merebak Lagi, Waspada Gejala, Komplikasi dan Pencegahannya

Khusus di tahun 2023, kasus HIV yang terjadi pada laki-laki berjumlah 277 kasus dan perempuan 151 kasus.

“Ditahun sebelumnya laki-laki 269 kasus, perempuan 145 kasus. Di 2021 laki-laki 179 kasus, perempuan 65 kasus. Di 2020 laki-laki 203 kasus, perempuan 112 kasus,” paparnya.

Sementara itu, karakteristik kasus HIV berdasarkan faktor risiko di Kabupaten Karawang paling banyak dari kalangan LSL (lelaki seks lelaki).

Data terbarunya ada 132 LSL yang mengidap penyakit HIV di Kabupaten Karawang.

Kasus HIV pada kalangan LSL sendiri, kata Yana, paling banyak dibandingkan kalangan lainnya seperti Pas Risti 44 kasus, wps 11 kasus, waria 9 kasus, pelangga 29 kasus, TB 24 kasus, diare 4 kasus, IMS 3 kasus, dan lain-lain 48 kasus.

“Homoseksual di Karawang memang tinggi, dan pengidap HIV cenderung mudah terserang oleh berbagai penyakit. Jadi penyakit cacar monyet harus lebih diwaspadai, kenali ciri-cirinya, karena sekarang penyebarannya di Jakarta dekat dengan Karawang,” pungkasnya. (*)