Beranda Regional Hingga Akhir November, Serapan Anggaran Pemkab Karawang Baru 63 Persen

Hingga Akhir November, Serapan Anggaran Pemkab Karawang Baru 63 Persen

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang optimistis mampu menyerap APBD 2018 hingga lebih dari 90 persen pada akhir tahun ini. mana, Hingga 29 November 2018, serapan APBD 2018 Kabupaten Karawang mencapai 63,89 persen.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karawang Hadis Herdiana menyebut jumlah capaian serapan anggaran tertinggi ada pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) sekitar 77,66 persen. 

Sementara untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang baru sekitar 50,20 persen pertanggal 22 November 2018. Hal ini dikarenakan saat ini masih banyak tahapan yang belum terselesaikan seperti penagihan, pencairan bahkan ada yang masih dalam tahap pengerjaan.

“Wajar saja ya jika Dinas PUPR masih rendah serapannya, karena memang nilai anggaran mereka pun besar berbeda dengan dinas lain yang memang anggarannya tidak sebesar PUPR,”ulasnya saat ditemui Koran Berita, Selasa (4/11).

Dijelaskan juga oleh Hadis, selain Dinas PUPR, kontribusi terbesar dari realisasi serapan anggaran secara umum berasal dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan lain-lain.

Kemudian realisasi serapan anggaran belanja Dinas Pendidikan dan Olahraga 66,37 persen, sebesar 71,70 persen serapan anggaran belanja Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, dan realisasi serapan Dinas Kesehatan 56,20 persen.

Dinas Pertanian 74,31 persen, Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Karawang 70,21 persen dan Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPPKB) dengan penyerapan sebesar 73,88 persen. Hadis mengatakan, realisasi serapan anggaran tersebut akan terus bertambah hingga akhir tahun ini.

“Meski sekarang total realisasi serapan anggaran baru 63 persen, namun kami tetap optimistis target serapan anggaran belanja bisa tercapai 90 persen hingga akhir tahun ini,”pungkasnya.(nna/ton)