Beranda Regional ICMI Karawang: Santri Berperan Tangkal Radikalisme

ICMI Karawang: Santri Berperan Tangkal Radikalisme

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Hari Santri Nasional (HSN) digelar di sejumlah daerah, tidak terkecuali di Karawang. HSN digelar untuk memperingati peran santri dalam mengisi pembangunan maupun berjuang memerdekakan bangsa Indonesia.

Menurut H. Sopian, Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Karawang, santri ikut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Setelah merdeka, santri ikut mempertahankn kemerdekaan Indonesia dari berbagai ancaman baik dari luar maupun dari dalam.

“Dari luar adalah negeri penjajah yg ingin kembali menguasai indonesia. Dari dalam adalah pengkhianat negara, PKI dan DI/TII,”katanya.

Di masa kemerdekaan, sambung Sopyan, santri meneguhkan diri sebagai kader pemimpin bangsa. Mengisi dan merawat kemerdekaan.

Di masa reformasi, santri menegaskan diri sebagai kekuatan masyarakat sipil yang menopang negara Indonesia dengan merawat kebhinekaan dan penguatan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Di masa sekarang, lanjut Sopyan, santri mempunyai tugas untuk menangkal radikalisme dan intoleransi, meneguhkan pancasila, menolak ideologi yang mengancam Pancasila dan keutuhan NKRI.

“Santri bertugas menyampaikan Islam rahmatan lil alamin, Islam yang ramah dan penuh kedamaian. Karenanya, tema tahun ini adalah ‘bersama santri damailah negeri. Pesan damai inilah yang harus terus digaungkan bagi bangsa indonesia yang tengah menghadapi suasana panas, karena persaingan politik pada pemilu,”pungkasnya.(kb)