Beranda Regional Inovasi Bupati, Aplikasi Ogan Tembus 10 Ribu Download

Inovasi Bupati, Aplikasi Ogan Tembus 10 Ribu Download

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Inovasi berbasiskan aplikasi yang bisa di download langsung melalui seluler berbasis android yang diperkenalkan oleh Bupati Kabupaten Purwakarta Dedi Mulyadi kini bisa digunakan langsung oleh masyarakat.

 

Aplikasi Ogan Lopian yang berisi konten kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan hingga kepolisian Purwakarta ini kini bisa digunakan oleh masyarakat Purwakarta dan luar Purwakarta dengan mengisi data berdasarkan NIK KTP masing-masing warga beserta nomor seluler yang bisa dihubungi.

“Kita harus berinovasi, dan kita pemerintah daerah tidak mungkin juga harus melayani masyarakat satu persatu,” jelas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Senin (27/11).

“Dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa langsung melakukan dan memberikan informasi yang sudah ada di Aplikasi Ogan Lopian, dan tercatat sudah sekitar 10 Ribu masyarakat Purwakarta yang telah mendownload aplikasi ini, dan sebagian dintaranya sudah menggunakan aplikasi ini,” ujar Dedi.

“Dominan memang menggunakan menu yang ada di Aplikasi Ogan Lopian seperti Sampurasun Dokter, Sampurasun Bidan, Sampurasun Ambulans, dan sekarang yang banyak digunakan Sampurasun Bursa Kerja yang sudah kita buat berbasis online semuanya, sehingga masyarakat hanya memberikan informasi kebutuhan dokter, bidan maupun ambulans dan langsung ditangani oleh sistem yang sudah online bahkan kalau memang masyarakat perlu penanganan di rumah sakit terdekat maka semuanya sudah disiapkan melalui informasi dokter atau bidan,” paparnya.

“Tapi semua dengan catatan, masyarakat tidak bisa bohong, karena untuk masuk ke aplikasi ini masyarakat harus mencantumkan NIK KTP dan nomor selulernya dan semua terpantau, jadi kalau untuk masyarakat Purwakarta semua menu bisa digunakan, kalau untuk masyarakat luar Purwakarta yang bukan pemilik KTP Purwakarta hanya bisa mengakses Sampurasun Polisi, Destinasi wisata, tempat penting dan Sampurasun TOP yakni layanan ojek wisata yang nantinya akan mengantarkan masyarakat ke tujuan wisata dan ada dibawah Dinas Pariwisata dan semuanya gratis,” ujarnya.

“Aplikasi ini juga akan terinformasi ke masing-masing OPD, misalnya masyarakat menggunakan menu yang juga ada seperti Sampurasun Laporan Warga, nantinya petugas terkait akan menindaklanjuti dan petugas pun akan melaporkan hasil laporan warga dengan foto hasil yang sudah dikerjakan,” tegasnya.

“Saya yakin dengan aplikasi ini masyarakat sudah bisa terbantu dengan kebutuhannya baik itu pelayanan kesehatan, kepolisian dan info penting lainnya, sehingga masyarakat tidak usah jauh-jauh melapor ke Pemerintah Daerah cukup menggunakan aplikasi ini, dan harapannya masyarakat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhannya dan gunakan dengan bijak,” pungkasnya.(trg/ris)