Beranda Headline Inovatif, SMAN 1 Cilamaya Hadirkan Teknologi Air Siap Minum

Inovatif, SMAN 1 Cilamaya Hadirkan Teknologi Air Siap Minum

Uji coba teknologi air siap minum oleh pihak sekolah.

KARAWANG – Bagi siswa SMAN 1 Cilamaya, Cilamaya Wetan, Karawang, kini tak perlu membeli air mineral dari luar jika kehausan. Pasalnya, pihak sekolah berinovasi melalui mesin pengadaan air siap minum (RO) di komplek sekolah. Rencananya, teknologi tersebut bakal di-launching dalam waktu dekat.

Mulyadi, Ketua Tim penjamin Mutu Pendidikan Sekolah (TMPS) mengatakan, program pengadaan mesin RO dan air siap minum di sekolah ini merupakan lanjutan dari program beberapa tahun terakhi dan berhasil terwujud lewat dukungan Komite sekolah.
Dasar dihadirkannnya mesin RO berkapasitas 1.200 liter itu, dengan memanfaatkan air dari sumber tanah langsung dan disuling lewat alat teknologi.

“Ini untuk memenuhi kebutuhan air minum siswa dan guru saat di sekolah, sebab jika dengan pengadaan air galon setiap kelas dan atau siswa membawa sendiri air botol kemasan dari luar menjadi tidak efisien, apalagi setiap hari harus pulang sampai pukul 15.30 Wib. Karenanya, lewat mesin RO dengan menyaring dan menyuling air dari sumbernya dan mengeluarkan limbah/kotornya secara langsung ini, menjadi lebih efisien, efektif dan aman di konsumsi,” paparnya, Jumat (18/3).

Baca juga: PLTGU Jawa-1 Siap Benahi Jalan Cikalong-Cilamaya, Bupati Cellica: Jangan Tertunda Lagi

Dengan jumlah siswa sebanyak 1.200 orang, Mulyadi optimis kebutuhan air konsumsi untuk guru terpenuhi. Sebab, mesin RO tersebut berkapasitas 2.000 liter.

“Insha Allah tercukupi setiap hari. Bahkan, selain menyediakan 6 keran di tempat, di beberapa sudut juga dialirkan dan disediakan semacam westafel air siap minum dengan keran langsung semprot ke mulut, artinya mereka bisa minum dengan gelas yang disediakan atau bisa langsung di lokasi westafel yang disediakan,” ulas Mulyadi.
Selain sudah melalui tahapan uji atau tester kandungan logam, mineral dan zatnya sambung Mulyadi, air yang di sedot dari tanah di komplek sekolah ini juga kedalamnya sampai 22 pipa.

Baca Juga :   Arus Balik Meningkat, Begini Rekayasa Lalu Lintas yang Bakal Disiapkan di Tol

Baca juga: Banyak Warga Cilamaya Wetan Tak Punya MCK, Camat Minta Pemdes Lebih Perhatian

“Ketika launching nanti, sebelum digunakan para siswa, para guru akan berjamaah meminum terlebih dahulu air siap minum dari RO ini,” ungkapnya.

Kepala SMAN 1 Cilamaya, H Asep Suherman mengatakan, pengadaan mesin RO dan air siap minum ini bisa dikatakan baru pertama ada di sekolah tingkat SMA di Karawang. Rencananya, RO program sekolah yang dibiayai komite ini diagendakan untuk di-launching pada Selasa lusa, (21/3/2022).

Butuh sekitar Rp50 juta, sebut Asep, untuk membiayai pengadaan mesin RO berikut perangkatnya secara lengkap.

“Kita apresiasi program ini dan sukses berjalan lewat anggaran komite dan saya kira ini baru hadir perdana di Karawang. Diharapkan ini bisa bermanfaat bagi siswa, apalagi untuk keperluan warga sekolah saat full day, dan siswa usai aktivitas hingga berolahraga,” pungkasnya. (kii)

Artikel sebelumnyaJelang Konfercab PCNU Karawang, Endang Sodikin Terus Lakukan Silaturahmi
Artikel selanjutnyaBPJS Ketenagakerjaan-HIPMI Karawang Siap Sukseskan Program MLT Perumahan