Beranda Internasional International Women’s Day, Dewan Rizka Bicara soal Kemandirian Ekonomi Perempuan

International Women’s Day, Dewan Rizka Bicara soal Kemandirian Ekonomi Perempuan

Hari perempuan internasional karawang
Anggota DPRD Karawang, Rizka Restu Amalia.

KARAWANG – Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret tiap tahunnya. Peringatan hari internasional perempuan didedikasikan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dan kesetaraan gender di seluruh dunia.

Pada kesempatan ini, Anggota DPRD Karawang, Rizka Restu Amalia bicara soal peran perempuan dalam pembangunan ekonomi.

Menurutnya, kemandirian ekonomi perempuan dalam UMKM (Usaha, mikro, kecil dan menengah) kini telah berhasil menjadi roda penggerak strategis pembangunan ekonomi nasional.

Baca juga: Ada Sekolah Ambruk Lagi, Dewan Rizka Tegaskan Ini ke Disdikpora Karawang

“Banyak produk UMKM yang berkaitan dengan perempuan seperti produk kecantikan, fashion, kuliner dan kerajinan tangan,” ulas dewan berparas cantik ini kepada tvberita.co.id, Rabu (8/3/2023).

Secara khusus, legislator termuda di Karawang ini menilai, sampai hari ini UMKM masih menjadi tumpuan perekonomian di Karawang, dan tidak sedikit pelaku usaha tersebut merupakan kaum perempuan.

Karenanya, ia mendorong pelaku usaha perempuan untuk terus meningkatkan rasa percaya diri agar mampu berpartisipasi aktif dan berinovasi memanfaatkan potensi-potensi yang ada.

Baca juga: Dewan Rizka Dorong Pembentukan DOB Kota Cikampek

“Sampai hari ini UMKM masih menjadi tumpuan perekonomian di Karawang. UMKM ini banyak dimiliki dan dikelola perempuan, sebagian besar jenis usaha di Karawang juga produk UMKM, bahkan tenaga kerja kita juga banyak diserap oleh UMKM,” paparnya.

Perempuan, kata dia, harus terbebas stigmatisasi, stereotype, dan konstruksi sosial lainnya yang merugikan perempuan.

“Untuk itu, tidak ada alasan bagi perempuan untuk tidak bisa menjadi berdaya. Semangat untuk semua perempuan indonesia!” tutup Rizka. (*)