Beranda Regional Izin Dicabut, Diam-diam Pindo Deli 2 Mau Buka

Izin Dicabut, Diam-diam Pindo Deli 2 Mau Buka

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Caustic Soda Plant PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills 2 di Kecamatan Ciampel kembali jadi sorotan.

Pasca dicabut izinnya beberapa bulan lalu, beredar kabar akan kembali beroperasi. Namun, dengan nama Perusahaan lain: PT. Indah Kita yang masih tergabung dalam grup Pindo Delli. Selidik punya selidik, perusahaan tersebut telah melakukan pembahasan pengajuan Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat beberapa hari lalu.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Rosmalia Dewi membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, yang mengajukan Caustic Soda adalah perusahaan baru dengan nama PT. Indah Kita yang berlokasi di kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang.

“Amdal masih dibahas. Kemarin ada undangan rapat amdalnya dari DLH Provinsi,”ucap Rosmalia kepada wartawan, Jumat (12/10).

Ia mengatakan, pengajuan izin lokasi caustic soda bukan di lokasi berbeda, tetapi masih dilokasi yang sama di kecamatan Ciampel.

“Jadi tidak membahas IPALnya sudah diperbaiki atau belum. Karena ini adalah perusahaan baru yang baru mengajukan,” ujarnya.

Ketika disinggung apakah Bupati Karawang Cellica Nurachadiana sudah memgetahui mengenai Caustic Soda tersebut, Rosmalia memgatakan bahwa izinnya sudah dikeluarkan oleh DPMPTSP Karawang.

“Izin lokasinya di DPMPTSP sudah keluar,”singkatnya.

Seperti diketahui, buntut dari kebocoran gas dari pabrik kertas PT.Pindo Deli Pulp And Paper Mills 2 yang menyebabkan sejumlah warga Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, mengalami keracunan, sehingga dilarikan ke rumah sakit dan klinik perusahaan (15/05) lalu.

Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana secara tegas melalui DLHK Karawang resmi mencabut izin Caustic Soda Plant PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills 2 (18/05). (kb)