Beranda Regional Jabar Targetkan Lima Daerah Harus Masuk 10 Besar Terbaik Soal EKPPD 2018

Jabar Targetkan Lima Daerah Harus Masuk 10 Besar Terbaik Soal EKPPD 2018

BANDUNG, TVBERITA.CO.ID -Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan 5 kabupaten atau kota di Jawa Barat bisa masuk peringkat 10 besar dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2018 terbaik.

 

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan berdasarkan hasil pemeringkatan EKPPD 2017 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Saerah (LPPD) pemerintah daerah se- Jawa Barat 2016, dapat diketahui bahwa 26 pemerintah daerah kabupaten kota di Jawa Barat memperoleh status Sangat Tinggi.

“Hal itu ditetapkan dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100-53 2018 tentang Penetapan Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional. Telah ditetapkan kabupaten kota di Jawa Barat yang masuk ke dalam peringkat 10 besar Tingkat Nasional yaitu Kota Bandung dan Kabupaten Kuningan,” katanya usai acara penerimaan Tim Nasional EKPPD 2018 di Gedung Sate, Bandung, Senin (23/7/2018).

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mendapatkan penilaian dan status Samgat Tinggi dan berhasil meraih peringkat kedua Tingkat Nasional. Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berhasil mempertahankan prestasi tertinggi selama tiga tahun berturut-turut.

“Bahkan tahun lalu Jabar mendapatkan Tanda Kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha ,” tuturnya.

Pada 2018, pihaknya menargetkan ada 5 pemerintahan kabupaten kota yang bisa menembus nominasi 10 besar tingkat nasional. Sementara Provinsi masih bisa mempertahankan posisi di 2 besar tingkat nasional.

“Kecuali Pangandaran yang tidak dinilai karena masih dianggap sebagai daerah otonomi baru,” ujarnya.

Khusus untuk Kota Bandung dan Kabupaten Kuningan yang telah meraih peringkat 10 besar secara nasional selama 2 tahun berturut-turut, Iwa mengatakan dalam EKPPD Tahun 2018 ini diharapkan dapat mempertahankan peringkat tersebut .

“Sehingga dapat diusulkan untuk menerima Penghargaan Tanda Kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha,” katanya.

Iwa mengakui target peningkatan peringkat status EKPPD pada 2018 ini cukup berat namun diharapkan menjadi motivasi bagi segenap jajaran pemerintahan daerah di Jawa Barat untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik.

“Sekaligus menghadirkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat,” ujarnya.

Dirinya juga optimis target tersebut bisa tercapai mengingat setiap tahun jumlah kabupaten kota yang mengalami kenaikan peringkat terus bertambah.(tribun/kb)