Beranda Headline Keren, Kepala SMK PGRI Telagasari Bakal Wakili Jabar di Lomba TTG Nasional

Keren, Kepala SMK PGRI Telagasari Bakal Wakili Jabar di Lomba TTG Nasional

Kepala SMK PGRI Telagasari Yanyan Sopyan saat menerima penghargaan dari Pemkab Karawang usai berhasil menjadi juara 3 di lomba TTG Jabar.

KARAWANG – Setelah sukses menjadi juara 3 di perlombaan Teknologi Tepat Guna (TTG) Jawa Barat (Jabar) Tahun 2022, Kepala SMK PGRI Telagasari Yanyan Sopyan bakal beradu karya kembali di lomba TTG kancah nasional.

Diketahui, Yanyan Sopyan berhasil membawa harum Kabupaten Karawang saat menjadi juara 3 setelah mengembangkan teknologi pengusir burung mekanis tenaga surya pada perlombaan TTG Jabar pada tanggal 26-28 Juli 2022 lalu.

Atas prestasinya itu, Yanyan bakal mewakili Jawa Barat di perlombaan TTG level nasional. Lomba tersebut digelar di Kabupaten Cirebon pada bulan Oktober 2022 mendatang.

“Alhamdulillah di Jawa Barat beliau juara 3 dan harus siap menjadi wakil Jabar ke tingkat nasional, tinggal nanti penyempurnaan lagi dalam tema teknologi yang sama dengan berbagai wakil provinsi lainnya di Indonesia,” ujar Kabid Kelembagaan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) Chandrawan Yanuar saat pada Senin (29/8).

Chandra mengulas, Yanyan Sopyan adalah sosok inspiratif di bidang teknologi bagi masyarakat Karawang. Bukan saja sebagai leader di SMK PGRI Telagasari, tetapi wawasan dan pengetahuannya di bidang teknologi, tak diragukan.

Terima Penghargaan dari Pemkab Karawang

Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi Yanyan, DPMD Karawang memberikan penghargaan berupa trophy dan uang pembinaan untuk Yanyan.

Seremoni penyerahan tersebut berlangsung di gedung Center Of Excellent (COE) SMK PGRI Telagasari.

“Semoga prestasi dan penghargaan ini menjadi motivasi, khususnya bagi masyarakat dan siswa SMK PGRI Telagasari yang memiliki Kepsek dengan segudang inspirasi yang diperhitungkan di kancah provinsi maupun nasional,” ujar Chandrawan.

Dalam kesempatan itu, Yanyan mengucapkan terimakasih atas sanjungan dan penghargaan yang diterimanya.

“Alhamdulillah, prestasi ini kami persembahkan untuk semua masyarakat Karawang. Tak lupa, kami juga menghaturkan terimakasih atas arahan, pembinaan dan petunjuk dari Pemkab Karawang melalui DPMD ini, sehingga bisa sukses menjadi wakil Karawang dan nanti menjadi wakil Jawa Barat dalam TTG tingkat nasional,” kata Yanyan Sopyan.

Baca juga: Pamerkan Alat Bakar Sampah, SMK PGRI Telagasari Curi Perhatian di Gebyar Paten

Pengawas Bina SMK PGRI Telagasari, Ahmad Jaenudin menambahkan, ia merasa bangga atas raihan prestasi TTG yang dicapai Kepala SMK PGRI Telagasari itu.

“Pretasi ini membanggakan, karena di belakang para juara lain ada akademisi dari perguruan tinggi ternama maupun wakil dari sejumlah Mahasiswa ternama. Sementara, H Yanyan Sopyan adalah individu yang dibelakangnya adalah para siswa/siswi SMK,” serunya.

Baginya, kata Jaenudin, bukan hal aneh ketika prestasi demi prestasi selalu diraih stake holder di SMK PGRI Telagasari, baik oleh guru, kepsek maupun siswanya. Sebab segudang karya teknologi, prestasi akademik dan non akademik selalu mampir di ruang piala sekolah yang memiliki 1.700 siswa ini.

“Kami berharap, karya dan inovasi ini bisa mendapat apresiasi lebih dalam dari semua pihak untuk pengembangannya, baik dari sekolah, pemerintah daerah, perguruan tinggi maupun perusahaan,” harapnya. (kii)