Beranda Regional Jaga Citarum, ASB Karawang Tanam 200 Bambu

Jaga Citarum, ASB Karawang Tanam 200 Bambu

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- RATUSAN masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Serumpun Bambu (ASB) Karawang, menggelar penanaman bambu di Sungai Citarum. Sedikitnya 200 bibit bambu ampel ditanam di Kampung Lolohan, Desa Kutaampel, Kecamatan Batujaya.

Koordinator ASB Karawang, Faizal Hafiz mengatakan, upaya penanaman bambu sebagai langkah untuk mengembalikan salah satu ekosistem Daerah Aliran Sungai (DAS).

Ia menyebutkan, bambu memiliki kemampuan untuk menyimpan air tanah hingga 240 persen. Selain itu tanaman bambu dinilainya mampu ditanam di kemiringan 70 hingga 80 derajat.

“Salah satunya bambu ampel, dia mampu menjaga tanah tetap stabil dan tentunya dapat mencegah erosi,” katanya.

Menurut Faizal, sifat bambu mampu bertahan di wilayah kering dan berair. Tentunya memang sangat cocok untuk menjaga ekosistem DAS Citarum. Dan air akan lebih mudah meresap ke tanah karena bambu.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga melibatkan komunitas, masyarakat sekitar, pemerintah daerah dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam pelaksanaan menjaga Citarum.

“Ada dari masyarakat sekitar, komunitas, TNI dan pemerintah daerah. Kita mengambil tema, ayo kerja untuk Citarum. Sedikitnya 200 bambu yang kita tanam,” katanya.(put/ris)