Beranda Regional Jalan Baru Rawan Kejahatan, PRKP: Kewenangan Pusat, Kita akan Pasang PJU

Jalan Baru Rawan Kejahatan, PRKP: Kewenangan Pusat, Kita akan Pasang PJU

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Minimnya penerangan jalan umum (PJU) disepanjang jalan lingkar luar Tanjungpura Karawang atau yang biasa disebut jalan baru oleh masyarakat Karawang mengakibatkan kembali terjadi kejahatan.

Yang belum lama kemarin sempat menimpa seorang ibu bernama Iyat (52 thn), ibu Iyat meninggal dunia setelah menjadi korban penjambretan dan mengejar pelaku penjambret di Jalan Baru. Kondisi ini tentu menimbulkan rasa tak nyaman bagi warga sekitar saat melintas, terutama pada malam hari.

Menurut Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, minimnya PJU disepanjang jalan baru, lokasi tempat kejadian dimana almarhumah ibu Iyat ini dijambret menjadi salah satu faktor penyebab.

Pasalnya, dengan kondisi malam hari yang gelap tanpa penerangan sering dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan.

“Kami sendiri dari pihak kepolisian, sebenarnya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Karawang agar dapat membantu memberikan penerangan jalan yang memadai untuk menghindarkan dari kejahatan,” ulasnya.

Diungkapkan, Kapolres, pihak kepolisian sendiri sudah beberapa kali menyampaikan kepada pemerintah akan pentingnya PJU ini.”Kami sudah sampaikan berkali- kali, Namun kita tidak tahu sampai sejauh ini sudah dipasang atau belum,” ungkap Kapolres.

Sementara itu, terpisah, Kepala Dinas Pemukiman Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Karawang Ramon Wibiaksana menjelaskan, mengapa pihaknya tidak melakukan pemasangan PJU disepanjang jalan baru dikarenakan status jalan tersebut adalah jalan nasional milik pemerintah pusat.

Namun demikian, meski itu adalah kewenangan pusat, berdasarkan laporan masyarakat, pihaknya akan memasang PJU dibeberapa titik lokasi yang dianggap paling rawan.

“Sebetulnya jalan itu kewenangan pusat. Tapi kita akan pasang di beberapa titik lokasi yang dianggap paling rawan dan berkoordinasi dengan Polres Karawang,” tandas Ramon menjelaskan.

Lebih lanjut Ramon menjelaskan, selain bekerja sama dengan pihak kepolisian pihaknya pun akan mengirimkan surat kepada pemerintah pusat untuk melakukan penambahan PJU disepanjang jalan baru tersebut.

“Tetap akan kita pasang PJU di beberapa titik dengan menggunakan anggaran kita,” pungkasnya.(nna/ris)