Beranda Health Jarang Disadari, Kenali 10 Tanda Jantung Mulai Tidak Sehat

Jarang Disadari, Kenali 10 Tanda Jantung Mulai Tidak Sehat

Tanda jantung tidak sehat
Kenali tanda-tanda jantung tidak sehat. (Istimewa)

TVBERITA.CO.ID – Gaya hidup yang kurang sehat terkadang bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, salah satunya jantung yang tidak sehat.

Gejala paling umum biasanya jika dada terasa nyeri dan detak jantung tidak normal, maka kita seketika langsung berasumsi bahwa jantung dalam kondisi kurang baik.

Namun selain dua hal itu, ternyata ada banyak ciri yang menandakan jantung tidak sehat. Dan jika kamu akhir-akhir ini sering mengalaminya, maka tidak ada salahnya untuk diperiksa lebih lanjut ke dokter.

Baca juga: 8 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Bagi Anak Muda

Tanda jantung tidak sehat bisa berbeda-beda setiap orang. Kenali keluhan yang kerap dilaporkan pengidapnya berikut ini dikutip dari WebMD:

10 tanda jantung tidak sehat

1. Nyeri Dada

Tanda-tanda ini merupakan kondisi yang kerap dikeluhkan oleh pengidap gangguan jantung. Hal ini disebabkan oleh sumbatan di arteri atau kelainan aliran listrik jantung.

Interpretasi tiap pengidapnya terhadap keluhan ini bervariasi. Sebab, tak hanya nyeri saja, beberapa di antaranya mengaku perih seperti terbakar, cubitan, ataupun memiliki beban berat di atas dada.

Kondisinya biasanya dapat berlangsung beberapa detik hingga menit ketika beristirahat atau melakukan aktivitas fisik.

2. Detak Jantung Tidak Normal

Denyut jantung kerap berjalan cepat, lambat, atau tidak beraturan? Hal ini mengindikasikan aritmia karena kelainan listrik jantung. Hingga kini, para ahli medis belum bisa menjelaskan secara pasti penyebabnya. Namun, kurang beristirahat dan terlalu banyak minum kafein bisa menjadi salah satu pemicunya.

3. Mendengkur

Ngorok sedikit saat tidur adalah hal yang normal. Namun, dengkuran keras seperti rasa terengah-engah merupakan salah satu gejala sleep apnea.

Sleep apnea adalah istilah medis yang menggambarkan napas terhenti sesaat ketika tertidur dan dapat terjadi berulang kali. Hal ini mengakibatkan tekanan ekstra pada jantung, dan masuk sebagai tanda jantung tidak sehat.

4. Pusing dan Sakit Kepala

Pusing dan sakit kepala yang luar bisa bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan dan pingsan. Dalam kondisi yang tidak begitu serius, gejala ini disebabkan oleh asupan oksigen yang berkurang atau terlambat makan. Namun, jika disertai gejala jantung tidak sehat lainnya, segera datangi layanan medis terdekat.

5. Gampang Capek

Kelelahan ekstrim berhari-hari meski tidak melakukan aktivitas berat uga menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita. Walau ini bukan gejala yang signifikan, tetap harus diwaspadai.

6. Gangguan Pencernaan

Sebelum didiagnosis penyakit jantung, beberapa pengidapnya memiliki gejala gangguan pencernaan, seperti mual, mulas, dan sakit perut. Wanita lebih cenderung melaporkan jenis gejala ini daripada pria.

7. Pembengkakan di Kaki

Kaki yang bengkak bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya pompa jantung yang tidak efektif sebagaimana harusnya. Gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk membuang kelebihan air dan natrium dari tubuh sehingga memicu pembengkakan.

8. Masalah Kesehatan Seksual

Tanda jantung tidak sehat lainnya adalah disfungsi ereksi. Kondisi ini adalah ketidakmampuan pria mempertahankan ereksi. Selain penurunan libido, penyebab lainnya adalah masalah arteri yang menghambat aliran darah dari jantung ke penis.

9. Nyeri yang Menjalar ke Lengan Kiri

Gejala serangan jantung umumnya adalah nyeri dada yang menjalar ke sisi kiri tubuh. Beberapa orang mengira ini hanya sakit lengan biasanya, tetapi nyatanya termasuk gejala serangan jantung.

10. Sakit Tenggorokan dan Tulang Rahang

Tak hanya lengan kiri, nyeri dada terkadang juga menyerang tenggorokan dan tulang rahang. Namun tak perlu khawatir, gejala ini juga bisa disebabkan oleh masalah otot, pilek, atau sinus. (*)