Beranda Karawang Jelang Penutupan Seleksi, CGP dan CPP Angkatan 6 Diberi Pembinaan

Jelang Penutupan Seleksi, CGP dan CPP Angkatan 6 Diberi Pembinaan

KARAWANG – Sebanyak 77 Calon Guru Penggerak (CGP) dan Calon Pengajar Praktik (CPP) angkatan 6 Kabupaten Karawang, diberikan pembinaan dan pendampingan jelang ditutupnya registrasi pada 18 Februari mendatang, Kamis (10/02).

Bertempat di SDN Karawang Wetan 1 Kecamatan Karawang Timur, para CGP dan CPP tersebut diberikan materi dari P4TK TK PLB Jawa Barat bersama perwakilan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Pengawas Koorwilcambidik dari 30 Kecamatan.

Selain diberikan teknis pendaftaran seperti pengisian Curriculum Vitae (CV), pengisian esay dan unggah dokumen, ragam jaringan dan laman yang harus dikunjungi secara online, teknisnya tersampaikan hingga tahapannya, seperi pada laman penggerak.penggeraj.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/.

Kasie Kursis dan GTK Disdikpora Karawang, Dr Musa Mulyana mengungkapkan, baik CGP maupun CPP semuanya dibuka seleksinya sejak 10 Januari sampai 18 Februari 2022 ini.

“Yang boleh mendaftar adalah mereka dari guru baik honorer, P3K maupun PNS, maupun pengawas hingga praktisi pendidikan/akademisi.”

“Jelang penutupan seleksi tahap 1 CGP dan CPP angkatan ke 6 ini, mereka diberikan pendampingan dari P4TK TK PLB Jawa Barat yang menghadirkan narasumber antara lain Dr AgusDjaja, M.Pd, Dr Asep Wahidin, Ibu Suri Nurohman dan Bapak Adi Arsandi,” tuturnya.

Mereka, sebut Musa, diberikan menu, langkah dan teknis input dan registrasi dengan seabreg tahapan yang harus dilalui, sehingga bisa memahami dan menyerap teknisnya sebelum tanggal 18 Februari.

“Yang hadir sebatas perwakilan saja, yaitu 180 orang, terdiri dari 77 peserta CGP, dan juga perwakilan pengawas bina 1 orang, K3S 2 orang dan KKG 2 orang tiap kecamatan, kemudian MGMP 1 orang dan 5 orang MKks Kabupaten. Dibatasi karena masih pandemi,” katanya.

Musa menambahkan, semua syarat menjadi guru penggerak disampaikan kepada semua peserta, baik batasan usia dan maksimal masa kerjanya.

Baca Juga :   Mirip Kubangan Kerbau, Jalan Penghubung Desa di Kecamatan Purwasari Rusak Parah

Bahkan, ia mendorong, semua guru P3K ikut serta mendaftar di CGP. Ini penting, sebab P3K yang jadi Guru penggerak, memiliki peluang untuk menjadi Kepala Sekolah, apalagi di bulan April ini akan ada 200 kepsek dan 45 pengawas yang kosong karena pensiun. Apalagi, Kepsek penggerak saja, yang baru daftar di angkatan ke 3 baru 2 orang saja, sementara Calon Pengawas nantinya adalah harus dari Kepala Sekolah penggerak.

“Jadi nanti KKG formulasikan daftar berjamaah, khususnya yang P3K ini di dorong supaya ikut CGP ini. Bahkan, pengawas saja saat ini banyak yang daftar, ” Ungkapnya.

Ketua K3S Tempuran, Andi Rojali mengaku, dirinya serius ikuti pendampingan CGP dan CPP ini, sebab penting diketahui olehnya sebagai K3S maupun guru dan kepsek penggerak. Baik tentang bagaimana registrasi, syarat dan ketentuannya untuk meningkatkan kompetensi pengembangan sekolah.

“Pendampingan ini bagi kami sangat penting dan saya ikuti serius agar semuanya bisa diberikan kelancaran,” pungkasnya. (kii)

Artikel sebelumnyaPemkab Purwakarta Inisiasi Pengembangan Nalar Kreatif Anak Muda Indonesia
Artikel selanjutnyaIni Peran 2 Tersangka Baru dalam Kasus Arisan Bodong