Beranda Regional Jika Belum Terdaftar di DPS, Datangi ke Petugas PPS

Jika Belum Terdaftar di DPS, Datangi ke Petugas PPS

JATISARI, TVBERITA.CO.ID- Daftar Pemilih Sementara(DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada Jabar ubtuk Desa Jatibaru Kecamatan Jatisari, sebanyak 4.178 orang diantaranya pemilih Perempuan sebanyak 2.047 orang sedangkan pemilih Laki-laki sebanyak 2.047 orang.

Bagi warga yang belum terdaftar di DPS agar mendatangi Panitia Pemilihan Suara(PPS) Desa Jatibaru. Demikian disampaikan Muhammad Pahlevi, Ketua Sekretariat PPS Desa Jatibaru kepada KORAN BERITA, Selasa(27/3) diruang kerja di Kantor Desa Jatibaru.

Menurut Muhammad Pahlevi, semua warga Desa Jatibaru yang sudah berhak memilih sudah didata sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan beberapa waktu oleh para Petugas Pendataan Data Pemilih(PPDP) yang turun langsung kesetiap rumah.

“Sekarang sudah muncul DPS Pilkada Jabar di Desa Jatibaru sejumlah 4.178 pemilih,” katanya.

Dikatakan, bagi warga yang belum terdaftar sebagai hak pilih di Pilkada Jabar agar mendatangi sekretariat PPS di Kantor Desa Jatibaru.

“Dikuatirkan pada saat PPDP mendata ke masing-masing rumah warga. Warga tersebut sedang berada diluar kota atau lagi bekerja.Sehingga ada yang masuk di DPS,” tandasnya.

DPS itu sifatnya hanya sementara sebagai data pemilih sambung Muhammad Pahlevi. Dari DPS nantinya akan ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap(DPT). Kemungkinan besar apabila ada yang belum terdata akan ada penambahan jumlah hak pilih jika sudah ditetapkan menjadi DPT.

“Mumpung masih DPS, makanya bagi warga yang belum terdata agar mendatangi PPS.Jangan sampai setelah jadi DPT baru terjadi protes. Untuk jumlah TPS di Desa Jatibaru ada 8 TPS,”ucapnya.

Ia juga menghimbau kepada para Ketua Rukun Tetangga (RT) supaya ikut menyisir warganya yang belum terdata di DPS supaya dikemudian seluruh warga yang punya hak pilih dapat menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Jabar.

“Untuk suksesnya Pilkada Jabar semua komponen masyarakat perlu saling mengingatkan dan bersinergi agar warga terdaftar sebagai hak pilih pada saatnya nanti digelarnya Pilkada 27 Juni 2018,” ujarnya.

Sementara itu ,Abdul Yasir (48) ,Tokoh masyarakat Desa Jatibaru mengatakan bahwa pesta demokrasi Pilkada Jabar itu untuk memilih Cagub dan Cawagub Jabar. Biarkan masyarakat memilih sesuai dengan pilihannya tanpa ada intervensi dari pihak mana pun.

“Pilkada Jabar itu hajat politik rakyat Jabar. Biar masyarakat yang menentukan pilihannya tanpa ada intervensi dari pihak mana pun. Mari kawal proses demokrasi secara jujur dan adil,” singkatnya.(KB)