Beranda Regional JK: Perdamaian Hadapi Tantangan Serius jika Banyak Rakyat Miskin

JK: Perdamaian Hadapi Tantangan Serius jika Banyak Rakyat Miskin

JAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa konfik, kekerasan dan perang banyak terkait dengan masalah ekonomi. Hal itu sudah terbukti dalam berbagai kajian ilmiah-akademis.

Penelitian-penelitian yang dilakukan banyak ahli, kata Kalla, menegaskan bahwa kepincangan dan ketidakadilan ekonomi di antara kelompok warga merupakan salah satu faktor utama konfik dan kekerasan.

“Mereka yang mengalami kepincangan dan ketidakadilan ekonomi termasuk salah satu kelompok paling rawan bagi tumbuhnya radikalisme yang mengakibatkan konfik dan kekerasan,” ujar Wapres JK seperti dikutip dari siaran pers, Jakarta, Jumat (26/1/2018).

“Perdamaian, kedamaian dan harmoni menghadapi tantangan serius jika masih banyak warga atau kelompok masyarakat yang menganggur dan miskin sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari,” lanjut Kalla.

Pernyataan Kalla tersebut juga sampaikannya dalam Pidato Pengukuhan DR HC dalam bidang Sosiologi Agama Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Kamis (25/1/2018).(KB)