Beranda Karawang JPPR Minta Bawaslu Karawang Lakukan Tindakan Preventif

JPPR Minta Bawaslu Karawang Lakukan Tindakan Preventif

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Ramainya kasus dugaan politik praktis yang dilakukan oleh Kepala Kemenag Karawang, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) meminta Bawaslu lakukan tindakan preventif. Senin (9/3)

Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) yang berkantor di Jakarta turut menyoroti kejadian yang ramai diperbincangkan di Karawang belakangan ini. Sebagai lembaga pemantau Pemilu, JPPR meminta Bawaslu Karawang melakukan tindakan pencegahan, agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Koordinator Nasional JPPR, Alwan Ola Riantoby mengungkapkan bahwa kejadian-kejadian seperti yang terjadi di Karawang juga memang sering juga terjadi di daerah-daerah lain, Bawaslu dan seluruh elemen masyarakat memiliki tanggung jawab dalam mensukseskan pesta demokrasi ini.

“Dalam kasus ini Bawaslu mestinya memberikan tindakan pencegahan. Bawaslu jangan terus membiarkan kondisi ini, kita tahu dan mungkin sudah menjadi rahasia umum, kalau ASN kerap di mobilisasi untuk kepentingan politik”, kata Alwan.

Alwan juga menambahkan ASN dalam Pilkada harus bersikap netral dan menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang memancing kegaduhan.

“ASN, dalam hal ini kepala Kemenag mestinya bersifat netral. Pengertian netral harus di tunjukkan sejak dalam perkataan dan tindakan. Tindakan Kemenag dalam hal bentuk dari citra diri yg mendukung paslon Petahana. Dengan menunjukkan salam dua dari dan pantun yg di lontarkan. Meskipun belum masuk dalam tahapan kampanye namun sebagai pejabat publik (PNS) menjaga etika dan netralitas sebagai PNS”, pungkasnya. (ddi/dhi)