Beranda Regional Kades Kampungsawah Ajak Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran

Kades Kampungsawah Ajak Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran

JAYAKERTA, TVBERITA.CO.ID- Memasuki musim penghujan, Kepala Desa Kampungsawah, ajak seluruh warga gotong royong membersihkan lingkungannya masing- masing.  Hal tersebut perlu dilakukan guna mengantisipasi dampak banjir yang mengancam setiap musim hujan tiba.  Salah satu daerah yang rawan banjir, Dusun Puloharapan desa Kampungsawah Kecamatan Jayakerta, warga beserta staff desa bahu membahu membersihkan saluran air di selokan – selokan yang mampet, Selasa (16/10).
 
Namun apa jadinya, jika saat membersihkan saluran air, isinya adalah gundukan limbah bahan konveksi dan pecahan beling. Sungguh ironis kebersihan lingkungan yang seharusnya dijaga bersama-sama ternyata dikotori oleh ulah segelintir orang tak bertanggung jawab.
 
Kepala desa Kampungsawah, Adi Kurniadi, disela-sela membersihkan saluran air, mengatakan tumpukan sampah dan limbah kain bekas konveksi jika digabungkan beratnya bisa mencapai tonan dengan dominan pecahan beling. Ia sangat menyayangkan kurangnya kesadaran warga dengan membuang sampah sembarangan.
 
“Kerja bakti ini dimulai dari jam 9 pagi, dan selesai jam 3 sore. Seluruh aparatur desa ikut diterjunkan, baik RT, RW, Kadus, BPD, dan LPM juga dibantu dengan warga. Kami lakukan ini agar kedepannya tidak ada lagi banjir akibat genangan air, ketika dibersihkan kondisinya ternyata sangat parah sekali berbagai macam sampah ada disini,” ujarnya.
 
Dikatakannya, kedepannya akan disosialisasikan kepada seluruh warga desa Kampungsawah tentang pentingnya menjaga saluran air, agar membuang sampah pada tepatnya dengan membuat lubang-lubang tempat pembuangan sampah. Sehingga sampah tidak berserakan.
 
“Saya menghimbau masyarakat jangan hanya diam saja, jangan manja, apa-apa dikerjakan oleh desa, apa-apa oleh desa. Semua harus berperan aktif, jangan saling mengandalkan, karena lingkungan bersih yang menikmati adalah kita juga,” tegas Adi. (Yay/ris)