Beranda Karawang Kades Mekarbuana Sebut Dibangunnya Jembatan Sirnaruju Bikin Warga Senang

Kades Mekarbuana Sebut Dibangunnya Jembatan Sirnaruju Bikin Warga Senang

KARAWANG – Kepala Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Odang menyebut adanya jembatan Sirnaruju telah membuka akses satu kampung di Desa Mekarbuana yang sebelumnya terpisah oleh Sungai Cigentis.

Maka, ia menolak jika jembatan senilai Rp3,6 Miliar tersebut tidak menuai manfaat bagi masyarakat sekitar.

Menurut Odang, dengan dibangunnya jembatan tersebut warga di seberang sungai kini bisa berinteraksi dengan mudah bersama warga lainnya. Mereka bahkan bisa mengangkut hasil bumi dan hasil hutan tanpa harus bersusah payah menyeberangi sungai.

Baca juga: Sekda Acep Bantah Jembatan Sirnaruju Dinilai Tak Bermanfaat

“Ada ratusan KK warga kami yang sebelumnya terisolir oleh sungai. Kini akses mereka telah terbuka lebar,” kata Odang, saat dihubungi, Rabu (2/3/2022).

Dijelaskan, sebelumnya warga sempat kesulitan ketika akan mengangkut hasil kebunnya. Mereka harus memikul singkong, durian, juga bambu untuk menyeberangi Sungai Cigentis yang aliran airnya sangat deras.

Bahkan ketika ada warga yang sakit atau meninggal dunia, mereka harus menandunya menuju rumah sakit atau pemakaman.

Baca juga: Begini Penjelasan Kajari Karawang soal Proyek Jembatan Sirnaruju

Setelah dibangun jembatan Sirnaruju tahun 2017, lanjut Odang, kesulitan warga mulai teratasi. Ia mengklaim masyarakat senang dengan kehadiran jembatan tersebut.

“Mereka senang. Bahkan mereka ingin pembangunan jalan dilanjutkan dengan dibangun jalan lingkar menuju Curug Bandung hingga Curug Cigentis,” ujar Odang.

Menurutnya jika jalan lingkar menuju Curug Cigentis terwujud, maka Desa Mekarbuana akan lebih maju lagi. Dunia pariwisata di desanya akan lebih hidup karena jalur transportasi jadi lebih mudah.

“Mungkin kecelakaan lalu-lintas akan semakin kecil, karena tidak ada lagi kendaraan yang simpangan di jalan sempit,” pungkas Odang. (kii)

Artikel sebelumnyaBikin Baper! Berikut 6 Quote Hits Web Series Layangan Putus
Artikel selanjutnyaPeringati Isra Miraj, Bupati Anne Ajak Seluruh Masyarakat Berikhtiar di Masa Pandemi