Beranda Regional Kadin Kota Bekasi Terus Dorong Produk UMKM Go Ekspor dengan ITPC SAO...

Kadin Kota Bekasi Terus Dorong Produk UMKM Go Ekspor dengan ITPC SAO Paolo Brazil 

KOTA BEKASI – Kamar Dagang Dan Indurstri Indonesia (Kadin) Kota Bekasi dorong produk pelaku UMKM untuk go eksport melalui meeting offline dengan Indonesia Promotion Trade Center (ITPC) Sao Paolo,Brazil di Room Meeting Melati Gedung Graha Hartika kawasan kelurahan Margajaya,

Hadir Kepala ITPC Sao Paolo Brazil Ami Maharani , Ketua KADIN Kota Bekasi Gunawan, Wakil Ketua KADIN Bidang Koperasi dan UMKM Aji Ali Sabana, Benny Tunggul TWU4P, FEIPB dan FEIPB perwakilan pelaku UMKM. Kegiatan diisi sharing Bisnis dan display produk UMKM yang telah lolos akurasi.

“Potensi nilai eksport produk UMKM ke Sao Paolo Brazil dibutuhkan kerjasama dari semua pihak Pemerintah daerah, KADIN, Kemenlu, Kedutaan RI , ITPC dan para buyer dari luar negeri,

“baik dari sisi peningkatan kualitas produk dengan program labelilisasi kesehatan sehingga layak edar, halal, packing produk untuk menaikan tampilan juga keamanan produk tsb. Dengan demikian produk tersebut berdaya saing di pasar global khususnya Sao Paolo Brazil.,”kata Ketua Kadin Kota Bekasi, Gunawan.

Pada diskusi ini, kepala ITPC Sao Paolo Mrs Aimi Maharani , mengungkapkan bahwa potensi pasar terbuka lebar, handycraf, briket, vco, snack , alat kesehatan, dan lain-lain,

“ada hal yang menarik bila buyer Brazil telah kerjasama dengan pelaku UMKM Indonesia, biasanya loyalitas tinggi dimana kerjasama kontrak berlangsung puluhan tahun,”papar Ami.

Aji Ali Sabana, Wakil Ketua KADIN bidang koperasi dan UMKM, mengatakan bahwa berdasarkan data BPS tahun 2019, eksport Indonesia ke negara Uni Eropa senilai USD 14,6 miliar, masih cukup rendah bila dibanding dengan negara-negara APEC (USD 122 miliar), ASEAN (USD 41,4 miliar), dan NAFTA ( USD 19,6 miliar).

“UMKM juga harus memahami terkait preferensi konsumen di Sao Paolo Brazil, untuk Layer Tax sustainibility, ethic trade,”jelas Aji Ali Sabana (ais).