Beranda Karawang Kala Ribuan Pelajar Karawang Dilatih Menulis lewat Gebyar Literasi

Kala Ribuan Pelajar Karawang Dilatih Menulis lewat Gebyar Literasi

Gebyar literasi karawang
Kegiatan Gebyar Literasi 2023 di Galeri Pemda Karawang.

KARAWANG – Sebanyak 1.500 anak sekolah tingkat SD dan SMP di Karawang mengikuti kegiatan Gebyar Literasi 2023. Dari jumlah tersebut, ada 45 anak terpilih dan berkesempatan untuk menerbitkan sebuah karya tulis.

Kegiatan ini mengusung tema ‘Baca Buku Dunia di Tanganmu’, diinisiasi oleh Kaca Geulis dan digelar di Galeri Pemda Karawang, Rabu (26/7).

“Kegiatan ini diawali dengan adanya tantangan membaca untuk seluruh siswa SD SMP yang ada di Karawang. Pesertanya sampai 1.500, kemudian kita pilih 45 anak, 20 dari SD dan 25 dari SMP,” ujar Sambas Ketua Tim Penggerak Literasi Kaca Geulis saat diwawancarai.

Baca juga: Pilu Pedagang Pasar Proklamasi: Terancam Gulung Tikar, Termakan Janji Manis Bupati Karawang

Ia menjelaskan, anak-anak tersebut diberikan tantangan untuk membaca minimal 5 buku dalam 1 bulan. Kurun waktu yang ditentukan 3 bulan, total mereka harus ‘melahap’ 15 buku dalam 3 bulan.

Gebyar literasi karawang
Sekda Karawang, Acep Jamhuri saat mengikuti kegiatan Gebyar Literasi 2023.

Kemudian 45 anak yang terpilih diajak jelajah literasi ke tempat bersejarah di Karawang. Setelah itu, informasi yang didapat dituangkan dalam tulisan.

“Kita ajak mereka ke Rengasdengklok, Candi Jiwa, Mesjid Agung dan lain-lain. Setelah dapet info di lapangan, kita ajak mereka nulis selama 3 hari 2 malem,” jelasnya.

Hasilnya, 45 anak tersebut masing-masing memiliki karya tulis yang nantinya bakal diterbitkan menjadi sebuah buku.