Beranda Regional Kampanye Germas, Puskesmas Karawang Berkomitmen Bebas Stunting & Buang Air Besar Sembarangan

Kampanye Germas, Puskesmas Karawang Berkomitmen Bebas Stunting & Buang Air Besar Sembarangan

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Karawang, Kecamatan Karawang Barat, Kamis (12/9/2019) melakukan Kampanye Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Pencanangan kampanye Germas ini dilakukan dengan penandatanganan dan penggalangan aksi komitmen bersama sebagai upaya pencegahan Stunting & Buang Air Besar Sembarangan di wilayah Kecamatan Karawang Barat.

Deklarasi Germas ini dilakukan dalam rangka mewujudkan Kecamatan Karawang Barat bebas stunting dan upaya pencegahan Buang Air Besar Sembarangan di Kabupaten Karawang khususnya. Kegiatan ini dihadiri oleh PROMKES (Dinkes) Kabupaten Karawang, Camat Karawang Barat, perwakilan dari Kelurahan Karangpawitan dan perwakilan dari Rumah Sakit yang ada di Karawang.

Kampanye Germas ini diikuti oleh kurang lebih 400 orang dari berbagai kalangan baik masyarakat umum maupun dari instansi yang terdiri dari masyarakat, instansi pendidikan (SD/MI, SLTP dan SLTA sederajat), organisasi masyarakat serta pihak swasta.

Kegiatan kampanye Germas Puskesmas Karawang Kecamatan Karawang Barat ini dimeriahkan dengan beragam kegiatan. Diantaranya, donor darah, perlombaan dan senam sehat, Serta hiburan dan pembagian doorprise untuk masyarakat.

Kepala Puskesmas Karawang Kecamatan Karawang Barat Bapak Rasidi, SKM dalam pertemuannya kepada tvberita.co.id mengatakan kegiatan ini merupakan awal dari kegiatan kampanye GERMAS, nantinya akan ada kegiatan lain yang menyusul. Nantinya kegiatan ini akan kami sebar juga ke masyarakat yang ada di lingkungan puskesmas ini dan sekitarnya. Kegiatan seperti donor darah, pemerikasaan kesehatan, penanganan penyakit dan lain-lain juga akan kami lakukan nantinya sesuai dengan yang sudah kita programkan.

Rasidi menambahkan, Implementasi program yang sudah ada saat ini telah kami lakukan secara massive seperti penyuluhan, pembinaan dokter kecil, pembinaan guru UKS, dan sebagainya telah kita lakukan. Karena menurut kami kegiatan seperti inilah yang kami harapkan bisa memunculkan keinginan masyarakat dengan sendirinya untuk berprilaku hidup sehat, dan juga merubah pola pikir mereka untuk bisa hidup sehat.

Pada saat yang sama Camat Karawang Barat Hj. Lasmi Ningrum, dalam pertemuan singkatnya kepada tvberita.co.id di acara seremonial Kampanye GERMAS di Puskesmas Karawang Kecamatan Karawang Barat mengatakan, pihaknya selaku pimpinan Kecamatan Karawang Barat wajib mendukung suksesnya kegiatan ini, dikarenakan kegiatan ini juga merupakan salah satu program kesehatan dari Pemerintah. Harapan kami semoga dengan adanya kegiatan ini para Lurah, RT, RW, Kader Kesehatan yang ada di wilayah kelurahan bisa mensosialisasikan kepada masyarakat agar bisa merubah perilaku dan pola pikir hidup sehat. Tidak hanya itu ia juga berharap, semoga para pemangku kebijakan di lingkungan kelurahan ini bisa mengajak masyarakat untuk berolahraga baik dikelurahan maupun di tempat lain yang representative untuk berolahraga.

Kami pihak kecamatan saat ini juga sudah mulai mengaktifkan kembali swadaya masyarakat, sebagai contoh di Karangpawitan sangat luar biasa masyarakatnya. Mereka sudah mulai terpicu untuk melakukan hidup sehat dari hal yang kecil yaitu dengan pengadaan Tempat Pembuangan Sampah yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Ia mengatakan, Masyarakat disini sudah bisa mulai memilah sampah agar bisa dibuang ditempat yang layak. (fjr/dhi)

Komentar Facebook