Beranda Karawang Kampung Berseri Astra (KBA) Karawang Ciptakan Kampung Inovatif

Kampung Berseri Astra (KBA) Karawang Ciptakan Kampung Inovatif

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Kampung berseri Astra Guyub Rukun Karawang yang merupakan kampung binaan PT. Daihatsu Motor melakukan terobosan baru dalam melakukan pemberdayaan masyarakat.

Sepanjang tahun 2013- 2019, Astra melakukan gerakan-gerakan pemberdayaan masyarakat sebagai wujud kontribusi sosial yang tentunya merupakan kewajiban bagi setiap perusahaan dalam bentuk CSR.Hingga 2019, jumlah KBA mencapai 87 kampung dan DSA berjumlah 645 desa yang tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia. Sementara KBA Guyub Rukun Karawang ini bisa temui di komplek Perumnas Bumi Telukjambe, Blok F – RW 13, Karawang.

Ketua KBA Guyub Rukun Karawang,Akhmad Fahrurrozi mengungkapkan bahwa KBA ini fokus pada pemberdayaan di empat pilar yaitu, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, dan Kewirausahaan.

“Fokus kita memang pada pendidikan,kesehatan, lingkungan, dan kewirausahaan, di sektor pendidikan kita mengembangkan sekolah PAUD. TPQ dan DTA, siswanya lumayan banyak untuk PAUD kita punya siswa sebanyak 47 siswa, TPQ sebanyak 43 siswa dan DTA sebanyak 129 siswa.Di kita juga untuk iuran bulanan cukup murah paling mahal 6o ribu rupiah”, kata Akhmad

Akhmad juga menjelaskan dibidang kesehatan, KBA Guyub Rukun Karawang ini menggalakan Molandri (Mobil Ambulan Mandiri) yang berfungsi mengantar-jemput tetangga yang sakit untuk keperluan berobat yang bersifat emergency.

“Molandri sebagai salah satu program posyandu, ini merupakan bentuk kepedulianterhadap sesama dalam kehidupan bertetangga dan bermasyarakat. kalau untuk program lingkungannya kita buat Bank Sampah, bikin Kebun Cinta, kita kenalkan siswa-siswa PAUD dengan pengetahuan bercocoktanam dan melatih mereka dengan berbagai keterampilan”,tambahnya

Semoga kedepan banyak muncul kampung-kampung inovatif semacam ini, kami juga ditantang oleh pihak Astra untuk mengembangkan kampung lainnya, dan alhamdulillah kita juara tiga senasional dan perhelatan acara Apresiasi KBA Inovation 2019 kemarin. semoga ini dapat menginspirasi kita semua, terhkusus anak-anak muda Karawang”, tutupnya. (dd/dhi)