Beranda Regional Kapolres Dukung Langkah Pemda Karawang Tutup Lokalisasi Se’er

Kapolres Dukung Langkah Pemda Karawang Tutup Lokalisasi Se’er

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya menyatakan mendukung pemerintahan daerah Kabupaten Karawang untuk menutup lokalisasi Se’er.

Dia mengatakan, pada prinsipnya Polres Karawang akan sangat mendukung setiap kebijakan pemerintahan kabupaten Karawang. Termasuk salah satunya adalah menutup lokalisasi yang berada di pusat kota Kabupaten Karawang tersebut.

Namun demikian lanjutnya, Sesuai dengan kewenangan yang di miliki, Kepolisian hanya akan lebih cenderung melakukan upaya – upaya preventif dan represif atau pencegahan akan adanya tindakan-tindakan kriminal atau kejahatan karena dampak dari permasalahan sosial tersebut.

“Kami sangat mendukung, akan tetapi Polres hanya lebih kepada permasalahan-permasalahan yang timbul karena tindak kejahatan seperti judi, kriminal dan narkoba,”ujarnya saat ditemui Koran Berita di Stadion Singaperbangsa Karawang.

Menurut Kapolres Karawang, permasalahan lokalisasi se’er membutuhkan koordinasi dan sinergitas antara pemerintah daerah Kabupaten Karawang dalam hal ini stake holder terkait dengan pihak Polres Karawang dan Tokoh masyarakat. Dan permasalahan lokalisasi ini harus betul – betul dilakukan secara komperhensif dan secara terus – menerus.

“Karena permasalahan se’er ini tidak selesai hanya dengan menggusur saja. Harus direncanakan dengan baik dan bekerja sama dengan stake holder terkait, karena ini bukan masalah kejahatan kriminal akan tetapi permasalahan sosial,”paparnya.

Dicontohkannya, Walikota Surabaya Risma Tri Maharani saja menggusur lokalisasi Doli tidak langsung begitu saja. Namun membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk melakukan pembinaan.
Disamping itu juga, lanjutnya dibutuhkan juga kesadaran masyarakat akan bahayanya melakukan pergaulan bebas sehingga dapat mengurangi tingkat kejahatan seksual, penyakit masyarakat atau meningkatnya penderita HIV.

Diakuinya, Polres sendiri mau tidak mau memang harus terlibat dengan permasalahan-permasalahan sosial. Karena masalah sosial pasti terkait erat dengan dinamika keamanan ketertiban masyarakat.

“Karena dampak masalah sosial ini mau tidak mau kami harus ikut menyelesaiakan. Akan tetapi tidak mungkin bekerja sendiri, namun bersinergi dengan stake holder terkait,”urainya.

Dan dalam menyelesaikan permasalahan sosial tersebut, ungkap Kapolres yang terpenting adalah upaya menyelesaikan akar permasalahannya. Melakukan pembinaan sosial, ekonomi dan sumber daya manusianya.

“Terkait permasalah hukum itu menjadi tanggung jawab kami, Akan tetapi masalah ekonomi dan moralitas yang rendah adalah langkah kebijakan pemkab Karawang seperti apa,”imbuhnya.(nin/ds)