Beranda Regional Karawang Bagikan Boneka di Porda

Karawang Bagikan Boneka di Porda

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Kontingen Kabupaten Karawang membagikan sebanyak 500 buah boneka ayam Ciparage kepada para pengunjung dalam pembukaan Porda 2018 di Bogor, Sabtu (6/10) 
 
Boneka ayam Ciparage ini merupakan maskot kontingen Karawang untuk bertarung dalam sejumlah laga pertandingan selama Porda. Ayam Ciparage dikenal oleh masyarakat Karawang sebagai ayam petarung yang tidak pernah kalah. 
 
Diharapkan semangat bertarung ayam Ciparage ini bisa menularkan kepada atlet Karawang yang sedang bertanding.
 
 “Ayam Ciparage itu cerita rakyat di pesisir Karawang dan sudah sangat dikenal oleh warga Karawang sebagai ayam petarung yang tangguh dan pantang menyerah menghadapi setiap lawannya.
 
Kita jadikan ayam Ciparage ini sebagai maskot dalam Porda ini sebagai simbol perjuangan atlet kita yang saat ini sedang bertanding. Kita harapkan atlet Karawang bisa memiliki jiwa petarung seperti ayam Ciparage,” kata Ketua Kontingen Karawang, Nana Kustara.
 
Menurut Nana, maskot ayam Ciparage mulai digunakan sebagai maskot kontingen Karawang pada perhelatan Porpemkab tahun 2006 lalu. Ayam Ciparage dikenal sebagai jenis ayam petarung yang berasal dari Karawang tepatnya di Desa Ciparage di pesisir utara Karawang. Konon, ayam jantan Ciparage sudah tersohor sebagai ayam petarung sejak abad ke-15. 
 
“Itu cerita rakyat yang menyebar dari mulut kemulut saat itu, di Desa Ciparage itu dahulunya banyak ayam petarung. Cerita itu sampai sekarang masih ada,” katanya.
 Nana mengatakan cerita rakyat tentang ayam Cipareg ini mengilhami pengurus KONI Karawang menjadikannya sebagai maskot setiap ada turnamen penting. 
 
“Waktu di Bogor banyak juga yang menanyakan ihwal maskot kita ini. Saya jelaskan apa adanya berdasarkan cerita rakyat Karawang,” katanya.(kb)