Beranda Karawang Karawang Berpotensi Jadi Wisata Nasional, DPR RI: Fasilitas dan Infrastruktur belum Memenuhi...

Karawang Berpotensi Jadi Wisata Nasional, DPR RI: Fasilitas dan Infrastruktur belum Memenuhi Standar

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Kabupaten Karawang dikenal memiliki destinasi wisata lengkap mulai dari wisata sejarah hingga religi. Sebut saja Tugu Rengasdengklok, Candi Jiwa dan Makam Syech Quro.

Tempat tempat wisata tersebut berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan nasional. Namun dari sekian banyak destinasi tersebut, ketersediaan fasilitas dan infrastrukturnya belum memenuhi standar kelayakan sebagai destinasi wisata nasional.

Demikian diungkapkan Anggota Komisi X DPR RI, Syaiful Huda saat menjadi pembicara sosialisasi Gerakan Sadar Wisata yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesiaa.

Dalam paparanya, Syaiful Huda mengatakan Pemkab Karawang jangan sampai menunggu bantuan atau instruksi dari Pemerintah Pusat. Namun, harus inisiatif untuk membenahi dan memperbaiki kekurangan tersebut.

“Setelah itu mungkin baru bisa bersinergi dengan pihak Kemenpar atau BUMN soal pengelolaan ke depan,” kata Syaiful.

Menurutnya, sebagai daerah yang memiliki banyak peristiwa sejarah dan dengan didukung sebagai daerah penyangga ibukota Jakarta, Karawang sudah sangat layak menjadi barometer wisata nasional.

“Yang punya peristiwa detik detik proklamasi ya cuma Karawang di Rengasdengklok. Yang punya pesantren pertama kali di tanah Jawa ya cuma Karawang. Yang punya candi usianya lebih tua dari Borobudur juga cuma di Karawang. Karawang ini spesial sekali,” ungkapnya. (nji/dhi)