Beranda Karawang Pemanasan FTK 2019, Disparbud Karawang Undang Murid Putu Wijaya

Pemanasan FTK 2019, Disparbud Karawang Undang Murid Putu Wijaya

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Sisa sebulan lagi, tepatnya 15 September mendatang, Festival Teater Karawang (FTK) akan digelar.

 

Festival yang rencananya akan dihelat selama tiga hari berturut-turut itu, akan diikuti oleh 16 grup teater dari sekolah, kampus maupun umum.

Sebagai pemanasan menuju FTK 2019 tersebut, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (disparbud) selaku penyelenggara sengaja mengundang Ari Sumitro, salah satu murid Putu Wijaya untuk memberikan informasi mengenai dunia teater yang dilakoni oleh Putu Wijaya kepada para peserta.

Ketua Panitia FTK 2019, Maksrul Sodik Buhaeri mengungkapkan, kedatangan Ari Sumitro menjadi agenda sebelum ajang FTK dimulai.

“Untuk FTK tahun ini, para peserta ditugaskan untuk memilih salah satu dari lima naskah drama pendek Putu Wijaya. Nah untuk memberikan pemahaman dan gambaran soal naskah-naskah itu, kami undang salah satu murid Putu Wijaya yang sudah memiliki banyak pengalaman,” ungkap Ocho sapaan akrabnya.

Ocho menjelaskan, FTK 2019 merupakan program tahunan dari Disparbud yang merupakan perayaan besar bagi para komunitas teater remaja, khususnya usia sekolah (SMA). Namun berbeda dari sebelumnya, kali ini bukan hanya usia remaja saja, komunitas independen dan kampus pun diberi kesempatan berpartisipasi.

“Penyelenggaraan acara akan dilaksanakan di halaman kantor Disparbud Karawang. Rencana akan dilaksanakan malam hari selama tiga hari berturut-turut. Namun soal waktu, kami masih tentative. Di malam penghargaan, kami akan mengundang secara khusus Putu Wijaya untuk memberikan piala bagi pemenang festival,” ujarnya.

Sejumlah acara setelah pelaksanaan FTK pun sudah di agendakan, kata Ocho, salah satunya adalah kunjungan ke Bengkel Sastra Rendra dan mengikuti Workshop di Teater Mandiri, Jakarta.(cr2/ris)

Komentar Facebook