Beranda Karawang PPK Kotabaru Wawancarai 43 Calon Anggota PPS

PPK Kotabaru Wawancarai 43 Calon Anggota PPS

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotabaru laksanakan tes wawancara 43 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 9 desa di Kecamatan Kotabaru, Kamis (12/3/2020).

Ketua PPK Kotabaru, Putra M. Wifdi Kamal mengatakan, pelaksanaan tes wawancara merupakan lanjutan dari kegiatan pembentukan PPS. Di mana para peserta merupakan calon anggota yang sebelumnya telah dinyatakan lulus tes tulis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang.

“Secara tahapan, pembentukan PPS merupakan kewenangan KPU. Kami dari PPK hanya ditugaskan untuk melakukan wawancara, adapun terkait keputusan akhir tetap oleh KPU,” katanya.

Dikatakan, sesuai pengumuman yang dibuat KPU Kabupaten Karawang, tes wawancara di Kecamatan Kotabaru berlangsung selama 2 hari tanggal 11-12 Maret 2020, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB.

“Materi tes wawancara dan formulir penilaian sudah disediakan oleh KPU Kabupaten Karawang. Jadi kami tinggal melaksanakan saja sesuai dengan arahan yang diberikan oleh KPU,” jelas Putra.

Di hari pertama, sebanyak 22 calon anggota PPS dari 5 desa telah mengikuti tes wawancara, yakni 6 orang dari Pangulah Utara, 6 orang dari Jomin Barat, 4 orang dari Pangulah Baru, 3 orang dari Jomin Timur, dan 3 orang lainnya dari Desa Pucung.

Adapun di hari kedua, calon anggota PPS yang mengikuti tes wawancara sebanyak 21 orang, terdiri dari 6 orang asal Desa Pangulah Selatan, 6 orang dari Cikampek Utara, 4 orang dari Wancimekar, dan 5 orang dari Sarimulya.

“Tes wawancara ini, untuk menggali rekam jejak atau pengalaman para calon PPS dalam kepemiluan, dan juga mengukur sejauh mana wawasan atau pengetahuan mereka mengenai kepemiluan. Nantinya setiap desa oleh KPU akan ditetapkan sebanyak 3 orang anggota PPS dari hasil tes wawancara yang kami laporkan,” ungkap Putra.

Menurutnya semua pihak di Kecamatan Kotabaru berhak mengawal bersama-sama mengawal pelaksanaan tahapan pembentukan PPS, sehingga para calon anggota PPS yang terpilih nantinya benar-benar mereka yang berintegritas.

“Kita harapkan agar seluruh tahapan dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang Tahun 2020 khususnya di Kotabaru berjalan dengan sukses,” tutupnya. (fzy)