Beranda Regional Karyawan Alfamart di Johar Gasak Uang 160 Juta

Karyawan Alfamart di Johar Gasak Uang 160 Juta

Seorang karyawan Alfamart di Pasar Johar, Desa Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, gasak uang 160 juta rupiah dari brangkas toko. Saat diamankan petugas, dari tangan pelaku tersisa uang 97 juta rupiah.

“Sebagian uang habis untuk bayar hutang dan biaya kebutuhan hidup,” kata Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra kepada wartawan saat ekspose, Rabu (24/3)) di Mapolres Karawang.

Pelaku berinisial WSP (24), warga Sirnabaya Karawang, awalnya berhasil mengelabui karyawan lain. Dengan bermodalkan tiga obeng, pelaku membuat alibi dengan merusak teralis di toko sehari sebelum kejadian.

Untuk menguatkan alibinya, pelaku sempat mengobrol dengan rekan seprofesinya yang sedang mendapat giliran jaga malam. Padahal, pelaku mendapatkan shift siang.

Kamis, 11 Maret, pelaku beroperasi.

“Pelaku menunggu temannya tidur. Jam 23.00 saat toko sudah tutup, pelaku dengan leluasa mematikan CCTV, dan penerangan,” terang Kapolres.

Pelaku dapat dengan mudah membawa kabur uang di dalam brangkas menggunakan kunci yang biasa dipegang karyawan.

Keesokan harinya, karyawan toko gempar. Awalnya, tuduhan mengarah ke pencuri dari luar. Namun setelah petugas melakukan penyelidikan, bukti-bukti mengarah ke pelaku.

“Setelah mendapat kesimpulan dugaan mengarah ke karyawan toko, petugas melakukan interogasi, dan pelaku mengakui perbuatannya,” tambah Kapolres.

Pelaku terancam dipenjara selama tujuh tahun penjara berdasarkan Pasal 363 KUHP.

“Dari hasil pemeriksaan, motif utama pelaku nekat melakukan pencurian dengan pemberatan adalah motif ekonomi,” tutup Kapolres. (fyz)

Artikel sebelumnyaKomisi IV DPRD Karawang Setuju Pembebasan Habib Rizieq
Artikel selanjutnyaPeletakan Batu Pertama Laboratorium Bersama Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika)