Beranda Karawang Kejari Karawang Blusukan ke Desa, Ini yang Dibahas

Kejari Karawang Blusukan ke Desa, Ini yang Dibahas

KARAWANG – Dalam rangka memberikan edukasi dan upaya preventif atau pencegahan terhadap adanya penyalahgunaan bansos, Kejaksaan Negeri Karawang sambangi setiap Desa untuk memberikan penyuluhan hukum.

Penyuluhan hukum tersebut bertajuk “Sosialisasi Peraturan Pelaksanaan Bantuan Sosial di Desa” yang digelar pada Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan, Selasa, (7/9/2021).

Giat tersebut juga dihadiri oleh seluruh Kepala Desa dan Sekretaris Desa yang ada di Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Karawang, Martha Parulina Berliana, kegiatan penyuluhan hukum tentang bansos pada setiap desa tersebut merupakan rangkaian kegiatan Kajari Karawang dalam mengantisipasi penyelewengan bansos yang dalam penyalurannya tidak sesuai dengan aturan.

“Kebutuhan realitas pemerataan bantuan sosial di desa-desa tetap harus dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada,” ujarnya.

Bahkan, kata dirinya, paradigma penegakan hukum saat ini tidaklah semata-mata penegakan yang berorientasi pada kepastian hukum, namun lebih kepada penegakan yang berorientasi pada aspek kemanfaatan.

“Pada kegiatan tersebut juga adanya peran penting Kejaksaan dalam pendampingan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara,” ujarnya.

Ditambahkannya, diperlukan penetapan status badan usaha Koperasi untuk BUMDES yang ada di desa-desa sehingga dalam pengelolaannya dapat dilakukan secara akuntabel dan baik. (kie/ris)

Artikel sebelumnyaDokumen Kasus DAM Parit Raib, Katanya Kebanjiran
Artikel selanjutnyaKadistan Klaim Panen di Karawang Cukup Baik