Beranda Karawang Kembangkan Potensi Wirausaha Kader, HMI Karawang Gelar Workshop

Kembangkan Potensi Wirausaha Kader, HMI Karawang Gelar Workshop

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Saat ini peluang di dunia bisnis semakin banyak. Peluang itu jika tidak diambil maka nantinya akan hilang dengan sendirinya.

Untuk itu dalam mengambil kesempatan dan peluang bisnis yang sudah ada perlu adanya pengetahuan dalam berbisnis. HMI yang notabene merupakan salah satu organisasi Mahasiswa Islam terbesar di Indonesia merespon cepat peluang bisnis ini.

HMI Karawang merespon peluang ini dengan menggunakan Workshop Wirausaha Gerakan Nasional 15.000 Wirausaha. Kegiatan ini mengangkat tema Menghadapi Dan Memenangkan Persaingan Global Masyarakat Ekonomi Asean. Kegiatan ini diadakan di Aula Husni Hamid Pemkab Karawang.

Kamrussamad selaku founder KAHMI Preneur saat ditemui Tvberita.co.id mengatakan Kegiatan Wirausaha ini merupakan sebuah langkah konkrit dan nyata untuk membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

Disini para pelajar dan mahasiswa sudah diajak berfikir sejak dini untuk memulai bertindak menjadi enterpreneur. Kami KAHMI bangga dan berterimakasih sekali sudah mendapatkan support dari pemerintah pusat maupun daerah serta tokoh pemuda dari berbagai unsur.

Program KAHMI saat ini yaitu kami fokus pada perubahan mainset dari mencari lapangan pekerjaan menjadi menciptakan lapangan pekerjaan. Jika mainset ini sudah kuat tinggal ekosistem lingkungan yang dibenahi agar tercipta kondisi yang kondusif dalam mengimplementasikan dunia usaha.

Saat ditemui pada agenda yang sama Bapak Agus Muharram selaku Staf Khusus Kemenkop RI mengatakan, Kegiatan seperti ini jangan hanya berhenti di acara ini saja tetapi harus ada tindak lanjut yang nyata dan bisa diimplementasikan nantinya di dunia bisnis.

Ia juga menambahkan bisnis saat ini mainsetnya sudah berubah tidak perlu ruang besar, lebih fleksibel tidak kenal jarak. Sekarang bisnis sudah bisa dilakukan dimana saja.

Ia juga menambahkan untuk saat ini Kemenkop sesuai dengan arahan instruksi Presiden RI sedang fokus pada pengembangan SDM dengan melakukan pelatihan, teknis focational dan manajerial, memperluas akses modal, mengurangi bunga kredit perbankan dengan adanya program KUR 7%, menyediakan link untuk mempermudah interaksi antara pelaku bisnis.

Selain itu Kemenkop juga berkolaborasi dengan Kemeninfo menyediakan server khusus yang nantinya bisa digunakan untuk akses pelaku bisnis.

Ketua PB HMI bidang wirausaha, Aris Shoim dalam pertemuan penutupnya kepada tvberita.co.id mengatakan dari kegiatan ini diharapkan HMI Karawang nantinya bisa sebagai pelopor untuk membangkitkan enterpreneur di Karawang.

Tidak hanyalah itu semoga nantinya HMI Karawang diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Jangan hanya berpolitik terus tetapi kader HMI juga harus bisa menanamkan diri untuk mandiri kadernya maju organisasinya.

Ia pun berharap semoga dengan adanya program ini semoga di dalam tubuh HMI ada tumbuh pengusaha muda yang bisa memberikan membuka lapangan pekerjaan baru di Indonesia.(fjr/ris)