Beranda Regional Kenali Gejala Virus Varian Baru B117 yang Sudah Ada di Karawang

Kenali Gejala Virus Varian Baru B117 yang Sudah Ada di Karawang

Mutasi virus corona dari Inggris atau B.1.1.7 sudah masuk ke Indonesia. Menurut Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono, pemerintah menemukan dua kasus B.1.1.7 pada Senin (1/3/2021) malam.

Lantas, apa saja gejala dari mutasi virus corona B.1.1.7 ini?

Diberitakan Kompas.com, 29 Januari 2021, sebuah penelitian menemukan sejumlah gejala yang lebih sering terjadi pada pasien Covid-19 varian baru di Inggris. Gejala itu adalah batuk, sakit tenggorokan, dan rasa kelelahan.

Berbeda dengan gejala Covid-19 umumnya, pada varian baru virus corona Inggris, gejala kehilangan rasa atau penciuman disebut hanya sebagian kecil kemungkinannya.

Varian baru virus corona yang sangat menular di Inggris telah muncul sejak tahun lalu dan menyebar ke seluruh dunia.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS) menemukan, orang yang terinfeksi varian baru Covid-19 merasakan gejala berikut ini dibandingkan varian sebelumnya:

– Batuk,

– Sakit tenggorokan,

– Kelelahan,

– Mual,

– Diare,

– Nyeri otot.

Sejumlah ahli menyebut, pergeseran gejala mungkin didorong oleh sifat varian yang lebih menular dan menyebar lebih cepat di tubuh.

virus tersebut memiliki 23 perubahan dibandingkan dengan virus asli Wuhan. Beberapa perubahan ini dapat memengaruhi respons kekebalan tubuh dan rentang gejala yang terkait dengan infeksi. (net)