Beranda Regional Kendalikan Inflasi, Ruddy Ikut Arahan Presiden

Kendalikan Inflasi, Ruddy Ikut Arahan Presiden

BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Pj Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah mengikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2018 di Hotel Sahid Jakarta bersama sejumlah kepala daerah mulai dari tingkat kota/kabupaten hingga provinsi se-Indonesia.

Para kepala daerah ini mendapat pengarahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo yang juga didampingi Mendagri Tjahjo Kumolo, jajaran menteri dan kepala lembaga terkait tim pengendalian inflasi.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo mengatakan capaian inflasi tetap berada di angka 3,3 persen yang berarti menurutnya masih normal.

Namun lebih jauh ia harap inflasi bisa tiap tahun mengalami penurunan hingga nantinya menembus di kisaran 1-2 persen saja.

Ia pun apresiasi stabilnya nilai inflasi salah satunya karena ada sinergi antara Tim Pengendali Inflasi baik di pusat maupun di daerah (TPID). Termasuk sejumlah upaya pembentukan satgas pangan di daerah yang bagus mengendalikan tingkat inflasi.

“Saya kira kalau ini diteruskan kita akan memiliki inflasi stabil yang semakin tahun semakin turun. Antara 1 dan 2 target kita,” jelas Jokowi.

Maka dari itu, ia mengingatkan kepada pemerintah daerah untuk tidak hanya terjebak urusan administratif. Tetapi, juga melihat kondisi di lapangan.

“Kita sering terjebak rutinitas administratif. Tanda tangan kebijakan, lapangannya tidak sering dipantau,” kata Jokowi. Padahal untuk mengurangi inflasi, itu semua harus dilakukan. Apakah masalah itu ada pada distribusi atau infrastrukturnya.

Diinformasikan, Kota Bekasi juga memiliki Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dengan beranggotakan dari berbagai instansi.

“TPID bertugas memantau dan menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi persoalan inflasi khususnya di Kota Bekasi,” kata Pj. Wali Kota Bekasi, Ruddy Gandakusummah.

Inflasi atau gejolak kenaikan harga juga menjadi faktor penting perekonomian, karena inflasi yang tidak terkendali bisa membuat kondisi dan stabilitas ekonomi terganggu.(ais/fzy)

Artikel sebelumnyaSekda Kabupaten Bekasi Lepas Kontingen Popda 2018
Artikel selanjutnyaMasyarakat Kranggan Lestarikan Salametan Bumi Adat Babarit