Beranda Regional Kepala Desa Karyasari: Mahasiswa KKN UBP Karawang melakukan pengembangan terhadap UMKM Desa...

Kepala Desa Karyasari: Mahasiswa KKN UBP Karawang melakukan pengembangan terhadap UMKM Desa Karyasari

Pemerintah Desa Karyasari Kecamatan Rengasdengklok mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UBP Karawang yang dilaksanakan di desanya.

Kehadiran dan kegiatan yang dilakukan Mahasiswa KKN UBP karawang dinilai memberikan dampak positif dan perubahan terhadap warga sekitar khususnya pemilik UMKM Desa Karyasari terutama dalam sistem pemasaran dan cara berfikir perekonomian di Era New Normal ini. Mahasiswa melakukan sosialisasi terhadap UMKM yang ada di Desa Karyasari dengan sharing pengalaman ataupun menjelaskan bagaimana cara mempertahankan dan mengembangkan UMKM di masa pandemi serta melakukan action untuk meningkatkan pemasaran UMKM yang ada di Desa Karyasari.

“Alhamdulillah, saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman mahasiswa UBP Karawang yang telah melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Karyasari, ini sangat membantu sekali untuk perkembangan dan kemajuan Desa khususnya dalam sektor perekonomian di UMKM”, ucap Kepala Desa Karyasari Bapak Asur Pudian.

Asur Pudian menambahkan, warganya bukan saja diberikan sosialisasi terhadap perekonomian di era pandemi ini, tetapi juga membawa perubahan dalam sistem pemasaran UMKM Desa Karyasari yang lebih berkembang dengan menggunakan media sosial sehingga mempunyai jangkauan pasar yang cukup luas.

“Sekarang UMKM Desa Karyasari memiliki akun media sosial, Alamat toko yang sudah tersedia di google maps, Banner sebagai tanda nama sehingga mudah untuk ditemukan, dan pembinaan terhadap proses perizinan usaha, PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), BPOM, dan Sertifikat Halal” ucap bapak Asur Pudian. Selain itu, penginputan prodeskel dan SDGS yang merupakan program kerja Desa digital yang menjadi salah satu program kerja KKN mahasiswa UBP Karawang di Desa Karyasari sudah selesai dikerjakan.

Salah satu pemilik UMKM menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, mereka menjadi sangat terbantu, mereka juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari kegiatan sosialiasi. “saya sangat bangga terhadap teman-teman mahasiswa KKN UBP Karawang yang melaksankan kegiatan ini, dengan adanya kegiatan ini alhamdulillah UMKM saya sudah mempunyai nama sendiri dan nilai jual pasar saya sekarang sudah cukup luas sehingga perekonomian saya sangat terbantu semoga yang lainnya juga merasakan hal yang sama,” ucap Ibu Astuti sebagai salah satu perwakilan UMKM yang ada di Desa Karyasari.

Kepala Desa Karyasari juga menambahkan, kehadiran mahasiswa KKN UBP Karawang di Desa Karyasari bukan hanya memberikan sosialiasi, pembinaan dan pengembangan terhadap UMKM saja, tetapi juga turut serta mensukseskan program pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan memberikan masker dan sembako juga memberikan himbauan dengan memasang banner untuk gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) untuk menjaga diri dan keluarga dari Covid-19 kepada warga desa.

Mahasiswa KKN UBP Karawang juga mengucapkan terimakasih kepada pihak desa yang sudah menerima dan memberikan bimbingan pada kegiatan ini. “kami ucapkan terimakasih banyak kepada pihak Desa khusunya Kepala Desa Karyasari yang sudah mengizinkan dan membimbing teman-teman semua, kurang lebihnya semoga bermanfaat dan kami ucapkan permintaan maaf apabila dalam kegiatan ini masih banyak kekurangan” ucap Ellin Permatasari sebagai perwakilan mahasiswa KKN UBP Karawang Desa Karyasari.

Artikel sebelumnyaModus Jual LKS, DPRD: Disdik Seharusnya Bisa Mengkomunikasikan dengan Seluruh Sekolah
Artikel selanjutnyaAmankan Aset, BPN Karawang Serahkan 83 Sertifikat Aset Pemda ke Bupati Cellica