Beranda Purwakarta Ketua DPRD Purwakarta Dilantik, Bupati Anne Ajak Langsung Kerja

Ketua DPRD Purwakarta Dilantik, Bupati Anne Ajak Langsung Kerja

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– Pengukuhan pimpinan DPRD Purwakarta periode 2019-2024, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas komunikasi dan koordinasi antara warga dengan pemerintah daerah.

 

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika usai Rapat Paripurna Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Purwakarta periode 2019-2024, di Gedung Dewan Ciganea, Senin (30/9).

“Dengan pimpinan baru DPRD juga, nantinya Alat Kelengkapan Dewan (AKD) baru, tentu saja diharapkan akan dapat mempercepat seluruh program rencana pembangunan yang telah tercantum di RPJMD Kabupaten Purwakarta akan segera dapat diselesaikan,” kata Anne.

Menurutnya, pemerintah daerah punya agenda besar terkait pembahasan KUA PPAS untuk kemudian dilanjutkan menjadi pembahsan RAPBD tahun anggaran 2020.

“Sesuai UU kita mempunyai agenda itu, tahapannya sudah ditentukan. Harusnya pada minggu akhir bulan Oktober ini pembahasan terakhir untuk awal KUA PPAS. Dan 30 November harus sudah ada ketetapan bersama untuk RAPBD antara Pemda dengan DPRD. Tentu saja itu timing limit-nya sesuai dengan undang-undang,” tutur Anne.

Baca juga: Bupati Purwakarta Dorong OPD Miliki Ruang Khusus Laktasi

Sementara, terkait kendala, lanjut Anne, saat pengusulan KUA PPAS oleh pemkab pada bukan Juli itu tahapannya harus sudah dimulai.

Ambu mengatakan ada keterlambatan pembahasan karena situasi. Sebelumnya SK Gubernur juga cukup panjang prosesnya. Namun sudah dibahas oleh pimpinan DPRD. Memang betul harus segera dilakukan pembahasan. Karena sesuai UU tadi Oktober minggu pertama ini adalah tahapan terakhir untuk pembahasan KUA PPAS.

“Pembahasan KUA PPAS sesuai UU dan PP nomor 12 itu sampai minggu pertama pada bulan Oktober. Jadi harus marathon untuk pembahasan RAPBD. Karena harus ada kesepakatan akhirnya adalah 30 November. Tidak boleh lewat tanggal tersebut,” kata Ambu Anne.

Ketua DPRD Purwakarta, Ahmad Sanusi mengatakan, setelah pelantikan, agenda dewan berikutnya adalah soal alat kelengkapan dewan (AKD).

“Secepatnya kita bahas dan kita sahkan. Kemudian masuk pada pembahasan KUA PPAS,” kata Haji Amor, begitu ia kerap disapa.

Menurutnya, sejumlah pekerjaan rumah yang berkaitan dengan rancangan peraturan daerah juga akan diselesaikan oleh wakil rakyat di periode ini. “Ada sejumlah pekerjaan berkaitan dengan sejumlah raperda akan segera kita tuntaskan,” tuturnya.

Politisi Partai Golkar itu akan berupaya meningkatkan kinerja lembaga yang dipimpinnya. “Kuncinya, amanah, jujur dan berintegritas. Kami mohon dukungan dari seluruh eleman masyarakat Purwakarta,” demikian Haji Amor. (trg/kie)

Komentar Facebook