Beranda Regional Kim Jong Un Terima Delegasi Korea Selatan dengan Jamuan Makan Malam

Kim Jong Un Terima Delegasi Korea Selatan dengan Jamuan Makan Malam

PYONGYANG, TVBERITA.CO.ID- Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyambut kehadiran petinggi Korea Selatan dalam sebuah jamuan makan malam di Pyongyang, Senin (5/3/2018).

Pertemuan tersebut merupakan yang pertama dilakukan sejak dia berkuasa pada 2011.

Jamuan makan hadir ketika hubungan kedua negara mulai mencair pada momen Olimpiade Musim Dingin PyeongChang, Korea Selatan.

Juru bicara kantor presiden Korea Selatan mengatakan, makan malam tersebut berlangsung lebih dari empat jam.

Delegasi Seoul bertemu dengan Kim Jong Un dan saudara perempuannya, Kim Yo Jong.

Selain itu, istri Kim Jong Ung, Kim Ri Sol Ju dan pejabat Korea Utara lainnya juga duduk bersama dalam jamuan makan malam.

Ada 10 pejabat yang dikirim Korea Selatan ke Korea Utara. Delegasi tersebut dipimpin oleh Kepala Keamanan nasional Korea Selatan Chung Eui-yong.

Selain itu, Kepala Badan Intelijen Korea Selatan Suh Hoon juga ikut dalam pertemuan.

Dalam sebuah konferensi pers, beberapa jam sebelum keberangkatan, Chung mengatakan misi pengiriman delegasi ke Korea Selatan merupakan tekad untuk membangun Semenanjung Korea bebas dari nuklir dan memperbaiki hubungan.

“Saya ingin mengadakan diskusi serius dengan Korea Utara mengenai rencana yang tidak hanya perundingan antar-Korea, tapi juga dengan Amerika Serikat dan masyarakat internasional,” katanya.

Delegasi akan kembali ke Seoul pada Selasa (6/3/2018) siang, sebelum berangkat ke Amerika Serikat untuk melaporkan hasil pertemuan dengan Korea Utara.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menyatakan siap untuk menggelar perundingan dengan Korea Utara asalkan Kim Jong Un bersedia untuk menghentikan program persenjataan nuklirnya.(KB)