Beranda Regional KKN di Masa Pandemi, Mahasiswa UBP Karawang Beri Dampak Positif Bagi Pemerintahan...

KKN di Masa Pandemi, Mahasiswa UBP Karawang Beri Dampak Positif Bagi Pemerintahan Desa Tegalsawah

KKN Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Buana Perjuangan Karawang tahun 2021 Di Desa Tegalsawah Kecamatan Karawang Timur telah berakhir. Kerjasama yang baik antara Peserta KKN, Dosen Pendamping Lapangan, pelaku UMKM dan Pemerintah Desa Tegalsawah mampu merealisasikan beberapa program kerja yang telah direncanakan sebelumnya, sehingga dapat berdampak positif bagi masyarakat desa Tegalsawah.

Adanya KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang tahun 2021 di desa Tegalsawah menghadirkan kesan tersendiri bagi Perangkat Desa. Menurut Bapak H. Kardiatna S.Pd selaku Kepala Desa Tegalsawah “Kami atas nama Pemerintahan Desa Tegalsawah mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa yang telah melaksanakan KKN dan mendampingi beberapa pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya. Alhamdulillah UMKM terpilih sudah terbantu dari segi pemasaran dan sebagainya, sehingga hal tersebut dapat dipandang sebagai salah satu cara dalam rangka membangkitkan kembali perekonomian yang sedang dijalankan oleh UMKM di desa Tegalsawah dalam kondisi pandemi covid-19 ini.

Selain itu kami juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa yang telah membantu administrasi desa dengan adanya pengolahan data prodeskel. Harapannya dengan adanya program KKN UBP Karawang di desa kami, kedepannya kami berharap pihak UBP Karawang dapat melakukan program lainnya, mahasiswa dapat memberikan pelatihan komputer bagi perangkat desa guna menunjang terkait keberlangsungan kegiatan administrasi desa sehingga dapat sejalan dengan kemajuan teknologi dan semoga mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang tetap melakukan kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat di masa yang akan datang.” Tuturnya. (Rabu,28/07/2021)

Sedangkan, menurut Bapak Jaya Kusuma yang dalam hal ini menjabat sebagai Sekretaris Desa Tegalsawah dan salah satu pendamping kami untuk komunikasi dengan para pelaku UMKM. Beliau menuturkan bahwa banyak sekali manfaat yang didapatkan dari kegiatan KKN ini, diantaranya yaitu :
Adanya pengangkatan tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Era New Normal” yang dimana melibatkan kemajuan UMKM, itu sangat berdampak positif terhadap para pelaku usaha khususnya di desa Tegalsawah.

Adanya sumbangsih peserta KKN dalam menginput data Prodeskel (Profile Desa dan Kelurahan) yang dalam hal ini dirasa penting untuk pihak desa, karena sistem web langsung terintegrasi dengan kementrian dalam negri
Adanya sumbangsih kepada masyarakat dengan pembagian masker dan handsanitizer, karena saat ini kasus covid-19 sedang meningkat di sekitar desa Tegalsawah.

Selain itu, beliau juga menuturkan bahwa dengan adanya kegiatan KKN ini dapat memberikan dampak yang positif untuk beberapa pihak yang terlibat langsung :
Dampak positif bagi desa : Data yang di input oleh mahasiswa ke laman prodeskel dapat membantu pihak pemerintahan desa dalam pembuatan database khususnya untuk keperluan kependudukan.
Dampak positif bagi masyarakat : Pembagian masker dan handsanitizer sangat bermanfaat bagi masyarakat serta sebagai salah satu upaya penanganan covid-19 di desa Tegalsawah.

Dampak positif bagi pelaku UMKM : Selama pelaksanaan kegiatan KKN, ada dua pengusaha kecil atau pelaku UMKM yang menjadi fokus sasaran yaitu sate tutut dan kue tradisional Ibu oom. Mudah-mudahan dengan bantuan yang sebelumnya lahir dari permasalahan yang ada dikedua UMKM tersebut dan dimuat dalam program kerja KKN Desa Tegalsawah dapat memberi efek positif terkait keberlangsungan bisnis prosesnya. Diharapkan kedepannya atas bantuan promosi melalui penerapan konsep digital promotion, banyak pelanggan yang berminat sehingga perekonomian dari pelaku usaha tersebut dapat stabil kembali.

Bapak Jaya Kusuma selaku Sekretaris Desa Tegalsawah menuturkan : “Kami berharap untuk tahun yang akan datang KKN dari UBP tetap diadakan, karena banyak dampak positif yang dirasakan oleh pemerintahan desa khususnya Desa Tegal Sawah. Melihat kondisi kasus pandemi covid-19 saat ini yang semakin meningkat, kami dari pihak desa memaklumi jika kegiatan KKN diadakan secara online dan kurang maksimal, mengingat adanya keterbatasan untuk setiap kegiatan yang sifatnya langsung. Semoga apa yang sudah dilaksanakan selama KKN di Desa Tegalsawah menjadi manfaat untuk semua pihak yang terlibat dan kita semua semoga diberikan kesehatan dan kemudahan dalam segala hal. Saya pribadi sebagai sekretaris desa mengucapkan terimakasih banyak kepada rekan-rekan mahasiswa UBP Karawang yang melaksanakan KKN di Desa Tegalsawah dan bisa melaksanakan tugas secara maksimal bahkan optimal secara bergantian sampai dengan batas akhir pelaksanaan kegiatan dan semua tugas terselesaikan, pesan dari saya untuk tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku agar kita semua terhindar dari covid 19.” (Rabu,28/07/2021).

Artikel sebelumnyaPersiapkan Uji Kompetensi, UBSI Beri Pembekalan Sertifikasi Zahir Accounting via Daring
Artikel selanjutnyaPekerja Bangunan Tiba-tiba Tewas Saat Bekerja