Beranda Regional Kodim 0608 Cianjur Bantu Penyerapan Gabah Petani

Kodim 0608 Cianjur Bantu Penyerapan Gabah Petani

CIANJUR, TVBERITA.CO.ID- Komando Distrik Militer (Kodim) 0608 Kabupaten Cianjur, hingga bulan ini membantu penyerapan gabah petani hampir 230 ton. Upaya itu dilakukan sebagai bagian dari mendukung program ketahanan pangan.

Dandim 0608 Cianjur, Letkol CZI (K) Hidayati, mengatakan, upaya itu juga sebagai stabilisasi harga selama periode Januari hingga Desember. “Lebih kurang 230 ton, di Kabupaten Cianjur untuk serapan gabah sejauh ini berjalan dengan maksimal,” kata Hidayati, kepada wartawan, belum lama ini.

Hidayati menyebutkan, untuk harga sendiri, sejauh ini rata-rata di atas harga pembelian pemerintah. Untuk gabah kering panen harganya di kisaran Rp4 ribu per kilogram dan gabah kering giling (GKG) di kisaran Rp4.500 per kilogram. “Kalau untuk beras medium diterima Bulog di kisaran Rp8.760 per kilogram dan beras premium di kisaran Rp9 ribu per kilogram,” sebut Hidayati.

Upaya penyerapan gabah dan beras dari para petani di Cianjur merupakan tindak lanjut kerja sama antara TNI Angkatan Darat, Kementerian Pertanian, Bulog, dan perbankan. Kolaborasi kerja sama antarinstansi itu agar upaya penyerapan gabah dan beras petani bisa maksimal.

“Untuk di Cianjur tindak lanjuti instruksi pimpinan. Keterlibatan pihak perbankan sendiri dalam hal ini yakni memberikan kucuran kredit agar bisa menyerap gabah petani,” jelasnya.

Secara umum Hidayati tak mengetahui persis target penyerapan gabah dan beras di Kabupaten Cianjur. Dalihnya, leading sector penyerapan berada di bawah kendali Bulog Subdivre Cianjur. “Intinya sih dengan adanya penyerapan gabah sebagai wujud menyukseskan program ketahanan pangan ini lebih ke arah stabilitasi harga,” tandasnya. (KB)