Beranda Regional Kodim Karawang Galang Dana untuk Korban Bencana di Palu

Kodim Karawang Galang Dana untuk Korban Bencana di Palu

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Komando Distrik Militer (Kodim) 0604/Karawang melakukan serangkaian kegiatan dalam merayakan HUT ke-73 TNI di Makodim Jalan Siliwangi Kelurahan Nagasari Karawang, Jawa Barat.

Disela-sela kegiatan itu, seluruh personel Kodim 0604/Karawang beserta Forum Pimpinan Komunikasi Daerah yang hadir juga turut melakukan penggalangan dana untuk para korban bencana alam gempa bumi di Donggala dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Dandim 0604/Karawang Letkol Inf. Endang Sumardi Letkol menyebutkan penggalangan dana itu bertujuan untuk membantu para anak bangsa yang tengah tertimpa musibah. Sebab, para korban tersebut sangat membutuhkan uluran tangan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Endang menjelaskan penggalangan dana dilakukan dengan cara petugas mengedarkan kotak kardus yang telah disiapkan, sehingga baik para prajurit maupun seluruh element masyarakat yang hadir di kegiatan HUT ke-73 TNI di Makodim 0604/Karawang dapat berpartisipasi memberikan langsung sumbangan mereka.

“Ini merupakan inisiatif kami. Dari pengumpulan donasi hari ini mencapai Rp17.200.000 . Tentunya kita ingin membantu untuk keluarga kita yang saat ini terkena musibah,” ungkapnya.

Bantuan itu rencananya akan diserahkan melalui Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi, yang kemudian disalurkan langsung ke wilayah Palu dan Donggala.

Lebih lanjut, Endang juga memastikan bahwa Kodam III Siliwangi akan segera mengirimkan sumbangan yang terkumpul ke lokasi bencana, agar dapat dimanfaatkan oleh para korban yang berada di Donggala dan Palu.

“Kenapa hanya dalam bentuk uang?. Karena agar mudah dan cepat penyalurannya. Jadi personel TNI-Polri dan relawan disana, setelah sumbangan kita kirimkan dapat mempergunakannya untuk dibelikan sejumlah barang yang benar-benar dibutuhan oleh para korban,” jelasnya.

Endang juga berharap, kedepan TNI bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang akan semakin solid serta dapat mempertahankan dan meningkatkan soliditas serta kemanunggalan TNI dengan rakyat dan selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa.

“Kami juga akan terus berupaya agar TNI terus meningkatkan kewaspadaan dan profesionalisme serta memantapkan netralitas TNI, baik sebagai individu mapun satuan dalam pelaksanaan Pemilu 2019,”ulasnya.(nin/ds)