Beranda Regional Komisi II DPRD Karawang Heran Atas PAD Sektor Perikanan dan Kelautan Tidak...

Komisi II DPRD Karawang Heran Atas PAD Sektor Perikanan dan Kelautan Tidak Meningkat

Karawang – Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perikanan dan kelautan sangat minim. Hal demikian perlu fokus dalam penanganan agar pendapatan sektor tersebut naik signifikan.

Nana Nurhusna Hidayat, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Karawang, mengaku heran atas PAD sektor perikanan dan kelautan yang tidak ada peningkatan.

Pasalnya perlu ada evaluasi agar diketahui kendala dan yang menjadi alasan tidak ada peningkatan PAD tersebut.

“Kita evaluasi bersama apa penyebabnya PAD perikanan dan kelautan ini sangat kecil. Jika digali potensinya cukup luar biasa,” katanya.

Legislator fraksi Gerindra itu menambahkan, Dinas Perikanan perlu ada terobosan baru dalam menangani hal ini. Ide kreatif dan gagasan cemerlang yang bisa meningkatkan PAD.

“Rangkul semua element yang berhubungan dengan perikanan dan kelautan. Misalnya pelaku UMKM. Ajak diskusi mereka agar ada ide kreatif muncul. Kami dari DPRD mendorong untuk peningkatan PAD dari sektor perikanan,” tambahnya.

Ia mengaku optimis bisa ada kenaikan signifikan. Bahkan saat sidak ke pasar Johar, ia menyambangi pasar ikan. Ketika berdialog dengan pesagang pasokan ikan yang ada di pasar dikirim dari Bekasi, Indramayu dan Cirebon.

“Ini yang perlu kita perhatikan. Apakah dari dinas tidak peran aktif dengan nelayan Karawang atau TPI untuk pasokan ikan di pasar tradisional. Sehingga pedagang mendapatkan pasokan ikan dari luar Karawang,” kata dia lagi.

“Saya minta OPD perikanan dan kelautan bergiarah disaat pandemi. Dan kedepan bisa jadi sektor andalan Pemkab Karawnag dalam PAD. Masak kalah sama Indramayu, Cirebon atau Pangandaran untuk Dinas Perikanan dan Kelautan bisa berkibar bahkan hebat, untuk Kabupaten Karawang yang mempunyai laut Utara malah makin redup saja,” tandasnya. (rst)