Beranda Regional Komisi III DPRD Karawang Gelar Dua Kunjungan Kerja

Komisi III DPRD Karawang Gelar Dua Kunjungan Kerja

KARAWANG-Komisi III DPRD Kabupaten  Karawang menggelar dua kunjungan kerja ke DPRD Purwakarta, Kamis (18/2/2021) dan Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA) Provinsi Jawa Barat, Jumat (19/2/2021)

Dalam kunjungan ke DPRD Purwakarta, Efektifitas Penggunaan System SIPD Setwan/Pemda menjadi pembahasan. Sedangkan di BAPPEDA Provinsi Jawa Barat membahas mengenai proyeksi pembangunan yang ada di Kabupaten Karawang termasuk penyelarasan Pemda Karawang dengan PSN  (Proyeksi stategis Nasional )  sesuai dengan  Perpres Nomor 109 Tahun 2020 sebagaimana Perubahan Ketiga  atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang PSN Termasuk kaitan dengan revisi RTRW (Rencana Tata Ruang Wilaya ) di Wilayah Kabupaten Karawang, yang sedianya sudah dilakukan pembahasan  dan Melakukan Perda  perubahan nya pada tahun 2018 -2019 yang lalu.

“Karena pada perubahan Perda sebelumnya itu di pembahasan tahun 2012 lalu, disahkan menjadi Perda tahun 2013. Makanya idealnya sudah melakukan perubahan itu dari tahun 2013 itu paling lambat 2019 kemarin. Dikarenakan kondisi hari ini selain kaitan dengan perubahan kewenangan dan perubahan SOTK SKPD tentang Kewenangan Tataruang sudah di Dinas PUPR, bukan di Bappeda lagi sesuai pada Permendagri Nomor 90 Tahun 2019,” ujar Ketua Komisi III DPRD Karawang, H. Endang Sodikin, Jumat (19/2/2021)

Termasuk kaitan dengan kenapa seolah olah pembahasan pembahasan dari provinsi itu molor, lanjut Kang HES sapaan akrab H. Endang Sodikin, sebagaimana masukan dan paparan dari BAPPEDA Jawa Barat kenapa bisa lambat, karena  menyesuaikan amanat kementerian tata ruang menyesuaikan amanat dari Perda provinsi jawabarat kaitan dengan rencananya Zona Pesisir juga harus masuk dalam pembahasan.

Belum lagi kaitan dengan kewenangan menteri KLHK kaitan dengan Tanah milik Kehutanan yang Beranda di Karawang, baik yang Berada di wilayah Daratan sampai lautan yang secara otomatis juga harus mengikuti  pola ruang atau pola tata ruang wilayah masing masing di kabupaten/Kota, termasuk Kabupaten Karawang.

“Termasuk juga kaitan dengan penyesuaian Undang – undang cipta kerja yang sedianya juga harus menjadi bagian dari dasar norma hukum dalam pembahasan perubahan tata ruang wilayah di Karawang,” tandasnya. (rst)

Artikel sebelumnyaNasdem Karawang Bagikan Paket Sembako ke 10 Desa di Karawang
Artikel selanjutnyaBegal Payudara Marak Di Karawang, Kali ini Mahasiswa Korbannya