Beranda Regional Komisi III DPRD Sidak Limbah Medis RSUD Karawang

Komisi III DPRD Sidak Limbah Medis RSUD Karawang

KARAWANG- Komisi III DPRD lakukan sidak lapangan terkait persoalan limbah medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang yang mencuat beberapa waktu belakangan.

Dalam sidak tersebut, Komisi III DPRD Karawang ditemui Plt. Dirut RSUD, dr. Fitra Hergyana, SP.KK, didampingi jajaran manajemen. Turut hadir di lapangan, Kadis DLHK Wawan Setiawan beserta Kabid Wasdal, ditemani perwakilan dari Dinas Kesehatan pada giat yang berlangsung Kamis, (6/8/2021) petang.

Ketua Komisi III DPRD Karawang, H. Endang Sodikin mengatakan, terkait temuan limbah medis di RSUD Karawang yang viral beberapa hari belakangan. Pihaknya menyoroti masih ditemukannya sisa-sisa limbah jenis infeksius, diantara arugan tanah pada proyek perluasan gedung di sekitaran lingkungan IGD.

Endang membeberkan terkait penemuan limbah tersebut, memang perlu ditelaah lebih jauh asal-muasal sumbernya. Persoalan ada unsur kesengajaan atau tidak dan kemungkinan kelalaian pihak internal maupun eksternal, ia menuturkan hal ini tentunya harus dilakukan pendalaman.

“Ini bisa saja, tidak serta-merta bagian dari suatu unsur kesengajaan. Karena berdasarkan penjelasan rumah sakit, bisa saja RSUD itu banyak yang hilir-mudik, masuk dan keluar,” kata Endang.

Terkait pembenahan internal yang sedang dilakukan, pasca pergantian pucuk pimpinan sementara RSUD Karawang. Pria yang karib disapa HES ini menegaskan, dirinya mendukung berbagai upaya yang tengah dilakukan dr. Fitra dan kawan-kawan.

Maka, pada sidak kali ini observasi atas permasalahan yang mencuat di RSUD belakangan. Ia mengatakan, perlu didalami unsur human error atau dugaan dumping yang dilakukan oleh oknum, sebagai bahan perbaikan untuk RSUD Karawang lebih baik kedepannya.

“Kita dukung pembenahan di RSUD. Maka dari itu kita ke lapangan hari ini untuk observasi, untuk kemudian ditelaah agar diketahui betul apakah ini faktor human error atau unsur disengaja,” tandasnya. (kie/ris)

Artikel sebelumnyaWarga Laporkan Pemotongan BST Rp300 Ribu ke Kejari Karawang
Artikel selanjutnyaDitanya Anggaran Majalah Sawala, Kadis dan Kabid Kominfo Bungkam